Minggu, 16 Juni 2024

Bisa Dinikmati Langsung atau Dibuat Jus, Salak Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Berita Terkait

Ilustrasi buah salak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Pixabay)

batampos – Bisa dinikmati langsung atau dibuat jus, salak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya menurunkan kolesterol.

Dilansir dari Healthbenefitstimes.com, buah berteekstur renyah dengan rasa manis, sedikit asam dan bercita rasa segar ini mengandung pektin.

Pektin adalah sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menikmati salak, bisa dikonsumsi langsung. Tapi ingat, cuci dahulu di bawah air mengalir kulitnya sebelum dikonsumsi. Selain itu, salak juga bisa dibuat jus atau smoothie. Atau bisa juga dibuat dalam campuran salad buah kesukaan.

Baca juga: Air Cucian Beras Ternyata Ampuh Cegah Penuaan Dini

Nutrisi dalam buiuah salak sangat penting bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, zat besi, dan serat. Kandungan inilah yang memberikan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Beberapa manfaat salak yang lainnya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Salak kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi salak secara rutin dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam salak membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dan mikrobioma di dalamnya.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan kalium dalam salak membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Kalium juga membantu melancarkan aliran darah dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Baca juga: Tips Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Layar

4. Menjaga Kesehatan Mata
Salak kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi penglihatan dan mencegah penyakit mata degeneratif seperti rabun senja.

5. Meningkatkan Daya Ingat
Kandungan beta karoten, pektin, dan kalium dalam salak dipercaya dapat melancarkan aliran darah ke otak. Hal ini membuat konsumsi salak bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

6. Mencerahkan Kulit
Kandungan vitamin C dan phenolic dalam buah salak dapat menutrisi kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi kulit kusam dan mengatasi penuaan dini.

Baca juga: Enam Tips Mempercepat Metabolisme Tubuh, Berat Badan Bisa Cepat Turun

7. Membantu Menurunkan Berat Badan
Salak rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

8. Mengatasi Mual pada Ibu Hamil
Salak mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil.

9. Menjaga Kesehatan Tulang
Salak mengandung magnesium dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Kandungan ini membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. (*)

Sumber: Jpgroup

Update