Jumat, 19 Juli 2024

Beberapa Cara Mengatasi Asam Urat di Betis Secara Alami

Berita Terkait

Ilustrasi betis sakit (sehatq.com)

batampos – Asam urat adalah jenis radang sendi yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan biasanya menyerang area kaki, termasuk betis. Berdasar itu, mengetahui cara mengatasi asam urat di betis termasuk hal penting.

Salah satu cara mengatasi asam urat di betis adalah memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul seperti pembengkakan.

Baca Juga: Fadil Jaidi Tantang Keanu Podcast 29 Jam Perjalanan ke Amerika

Asam urat adalah penyakit radang sendi yang timbul karena kadar asam urat dalam darah relatif tinggi. Penyakit ini umumnya akan menyerang area otot dan sendi, termasuk betis. Adapun gejalanya yang paling umum adalah sendi terasa nyeri, hingga mengalami pembengkakan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam urat di betis secara alami:

1. Mengompres dengan Es Batu

Salah satu cara mengatasi asam urat di betis secara alami adalah dengan mengompreskan es batu di area yang terasa nyeri. Bisa membungkus es batu dalam kain, lalu mengompreskannya ke area betis yang terasa nyeri selama kurang lebih 20 menit. Lakukan secara berulang-ulang untuk mengobati rasa nyerinya.

2. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, asam urat bisa memicu betis mengalami pembengkakan dan peradangan. Nah, cara mengatasi asam urat di betis yang bisa dilakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih.

Dengan minum air putih yang banyak, ginjal akan melepaskan cairan berlebih, sehingga bisa membantu mengurangi pembengkakan. Selain air putih, minum teh herbal juga bisa membantu mengurangi gejala asam urat di betis.

3. Meninggikan Posisi Kaki

Cara mengatasi asam urat di betis secara alami lainnya adalah dengan meninggikan posisi kaki untuk melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Nah, aliran darah yang lancar bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Untuk melakukannya, kamu bisa memosisikan diri dengan tidur, lalu menaikkan posisi kaki dari tubuh dengan mengganjalnya menggunakan bantal.

4. Mengelola Stres
Stres adalah salah satu hal yang bisa memperburuk gejala asam urat. Maka dari itu, agar rasa nyeri dan pembengkakan tidak semakin buruk, kamu perlu mengelola stres.

Adapun beberapa cara mengelola stres yang bisa kamu lakukan adalah melakukan meditasi, menulis jurnal, membaca buku favorit, mengambil cuti kerja, dan elakukan olahraga ringan.

5. Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Cara mengatasi asam urat di betis secara alami yang terakhir adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Pada umumnya, makanan yang memiliki gizi seimbang dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Anda bisa mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah karbohidrat, seperti buah-buahan serta sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan untuk membantu mengatasi peradangan. (*)

Reporter: jpgroup

Update