Kamis, 25 April 2024

Bakal Dipamerkan di Jepang, Nama Mobil Diambil dari Bahasa Jawa

Berita Terkait

Mobil Rangga Concept, kendaraan niaga dengan coretan TUKU (membeli) bakal dipamerkan di pameran otomotif terbesar di dunia, Japan Mobility Show 2023, di Tokyo, Jepang. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM

batampos – PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal memberi kejutan pada salah satu pagelaran otomotif terbesar dunia, Japan Mobility Show (JMS) 2023 (sebelumnya Tokyo Motor Show), di Tokyo, Jepang, dengan memamerkan mobil Rangga Concept. Tidak hanya berupa coretan gambar 3D atau clay model, kendaraan prototipe yang namanya diambil dari bahasa Jawa itu akan berbentuk fisik dan disulap menjadi sebuah kafe yang bernama Rangga Concept Mobile Cafe.

“Sehingga, pengunjung JMS 2023 dari seluruh dunia dapat melihat gambaran paling real dari kendaraan niaga masa depan Toyota Indonesia. Audiens dapat mengetahui secara langsung bentuk konversinya, sekaligus aplikasinya sebagai mobil niaga dengan kearifan lokal Indonesia yang kuat,” ujar PT TAM pada keterangan resmi di Jakarta, Kamis (12/10).

Penampilan Rangga Concept pada pameran yang digelar 26 Oktober hingga 5 November 2023 itu diharapkan menjadi inspirasi bagi pengusaha mancanegara, yang berminat memanfaatkan jasanya dan membuka peluang ekspor di masa datang, khususnya di negara Asia dengan demografi dan karakter masyarakat yang mirip Indonesia.

Toyota Rangga Concept pertama kali dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi ke-30 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Agustus lalu, sebagai jawaban atas meningkatnya kebutuhan mobilitas di sektor komersial.

Baca Juga:Penderita Obesitas Tak Disarankan Olahraga Lari

Commercial concept car pertama di Indonesia itu dirancang untuk mengembalikan warisan Kijang Pick Up, serta yang terpenting untuk memberikan peran lebih besar dalam mendukung kegiatan usaha pelanggan dan menggerakkan roda perekonomian negara.

“Mengusung DNA Kijang Pick Up, Rangga Concept menonjolkan kesederhanaan, namun, memiliki fungsionalitas tinggi. Calon kendaraan niaga Toyota Indonesia ini, menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) seperti pada Toyota Hilux, Fortuner, dan Kijang Innova, yang menjadi pemuncak di segmennya masing-masing,” jelas PT TAM.

PT TAM mengklaim Rangga Concept memiliki ketangguhan dan daya tahan yang tinggi, dengan aplikasi platform IMV untuk keberagaman mobilitas pelanggan pada berbagai segmen dan penggunaan, baik dari sektor komersil maupun privat.

Rangga Concept dapat dikonversi untuk mendukung beragam aktivitas bisnis dan layanan, seperti unit mobile perusahaan atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta mobilitas layanan instansi pemerintah. Mobil itu juga disertai daya jelajah yang tinggi sebagai salah satu syarat mobilitas usaha di Indonesia.

Mobil berjenis pick up itu dapat dikostumisasi agar sanggup memenuhi kebutuhan gaya hidup pelanggan privat yang ingin tampil beda, namun, tetap memperoleh kegunaan sebuah kendaraan niaga. Rangga Concept juga dapat dikonversi menjadi kendaraan penunjang aktivitas luar ruangan. (*)

Reporter: jpgroup

Update