Kamis, 18 Agustus 2022

Aturan 5:2′ Harus Memandu Olahragamu di 2022

Berita Terkait

Banyak trainer merekomendasikan alternatif: aturan 5:2 (lima hari latihan kebugaran, dua hari libur). (Healthscopemag.com)

Batampos – Tubuh kita memerlukan istirahat dan waktu untuk pemulihan. Inilah salah satu alasan mengapa para trainer mengatakan bahwa ‘aturan 5:2’ harus memandu olahraga kamu di tahun 2022.

Mari kita biarkan slogan ‘tidak ada hari istirahat’ menjadi sesuatu dari masa lalu, oke? Tren kebugaran itu belum berakhir; itu juga cukup merugikan. “Mengambil hari libur memungkinkan untuk pemulihan otot secara menyeluruh sama pentingnya dengan training itu sendiri,” kata Trainer, Ella Magers dilansir well&good, Minggu (30/1).

BACA JUGA:Diet Rendah Garam 1 Sendok Teh Sehari Cegah Hipertensi dan Stroke

“Orang-orang menggembar-gemborkan, ‘Tidak ada hari libur!’ mungkin terdengar keras, tetapi kenyataannya, mendukung potensi untuk cedera, sistem kekebalan yang lebih rendah, dan latihan yang kurang efektif.” Overtraining, katanya, kontraproduktif.

Untungnya, banyak trainer merekomendasikan alternatif: aturan 5:2. Itu berarti lima hari masuk, dua hari libur. Inilah mengapa mengambil dua hari penuh istirahat dan pemulihan membantu kebugaran Anda secara keseluruhan.

“Otot kita membutuhkan waktu untuk membangun kembali dari robekan mikro yang terjadi selama sesi training, jadi sebenarnya periode pemulihan di mana otot tanpa lemak dibuat,” kata Magers.

“Banyak trainer mengatakan bahwa dua hari istirahat dan pemulihan setiap minggu akan membantu Anda memaksimalkan hasil kebugaran Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang.”

Trainer pribadi Onyx , Cameron Countryman menambahkan bahwa mengambil libur membuat lebih mudah untuk menjaga jadwal latihan yang teratur. “Makna yang lebih penting di balik aturan 5:2 adalah bahwa kita bangun dan menambahkan gerakan ke rutinitas harian kita,” katanya.

“Banyak ahli kebugaran dan kesehatan merekomendasikan aturan 5:2 karena ini membuat kita tetap pada target untuk mencapai 150 menit aktivitas aerobik seminggu; lima hari sekitar 30 menit latihan.”

Dia mencatat bahwa Anda dapat mengotak-atik intensitas dan jenis latihan, tergantung pada pengalaman dan tingkat kenyamanan Anda. “Misalnya, mereka yang berpartisipasi dalam olahraga dengan pengalaman menengah hingga lanjutan harus fokus pada dua hingga tiga hari latihan kekuatan, dua hingga tiga hari kardio, dan dua hari istirahat atau pemulihan aktif,” katanya. (*)

Reporter: Andriani Susilawati

 

 

Update