Sabtu, 13 April 2024

70 Persen Film Onde Mande! Berbahasa Minang, Tantangan bagi Shenina Cinnamon

Berita Terkait

Emir Mahira dan Shenina Cinnamon pemeran utama film genre drama komedi Onde Mande! (Shafa Nadia/Jawa Pos)

batampos – Film Onde Mande! drama komedi garapan rumah produksi Visinema merilis poster dan mengumumkan jadwal tayang mulai 22 Juni mendatang. Shenina Cinnamon dan Emir Mahira didapuk menjadi pemeran utama dalam film bergenre drama komedi itu. 70 Persen film ini berbahasa Minang jadi tantangan bagi Shenina Cinnamon.

Karya sutradara Paul Fauzan Agusta itu mengangkat tema kebudayaan lokal masyarakat Minangkabau. Dalam konferensi pers di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Paul menuturkan alasannya mengusung tema tersebut adalah demi mewujudkan impian mendiang ayahnya. ’’Alasannya personal. Dari 12 tahun lalu, bapak saya tanya kapan bisa bikin film yang bisa dia tonton?’’ tuturnya pada Senin (15/5).

Tercetuslah ide untuk membuat film dengan latar belakang adat Minangkabau yang merupakan tanah kelahiran sang ayah. Paul menjadikan cerita ayahnya di masa lalu sebagai fondasi alur film Onde Mande! ’’Aku kepikiran bikin cerita tentang desa kelahiran beliau dan orang-orang yang hidup di sana. Nah, sebelum meninggal, beliau sempat cerita, saya suka sekali,’’ jelas Paul.

Baca Juga: Sinetron Bidadari Surgamu di Puncak Rating, Syifa Hadju Sempat Terbeban

Karena itu, dia mendedikasikan film Onde Mande! untuk mendiang ayahnya. ’’Film ini memang untuk beliau,’’ katanya.

Berperan sebagai Si Mar, Shenina menyatakan bahwa itu merupakan kali pertama dirinya berakting menggunakan bahasa daerah di hampir keseluruhan adegan. ’’Jadi, 70 persen film ini menggunakan bahasa Minang. Dan, ini adalah hal baru karena aku nggak pernah nyoba sebelumnya,’’ tutur Shenina.

Meski memiliki darah Minangkabau, kekasih Angga Yunanda itu mengaku tidak terbiasa dengan bahasa tersebut. Shenina tak hanya memanfaatkan waktu reading untuk belajar agar fasih berbicara bahasa Minang. Di lokasi syuting, dia juga membiasakan diri berinteraksi dengan para kru maupun cast di lokasi syuting menggunakan bahasa Minangkabau.

Menurut dia, itu merupakan salah satu nilai lebih yang didapat dalam proyek tersebut. ’’Untung, sebagian besar kru tuh orang Minangkabau. Jadi, diajarin langsung pas di set. Selama di sana, dibiasain ngobrol pakai bahasa Minang,” terang dia.

Tantangan lain yang dihadapi Shenina adalah ketika dituntut untuk bisa mengayuh sampan di tengah danau. Aktris 24 tahun tersebut mengaku tidak diberi waktu lama untuk menjalani latihan. ’’Aku latihannya kemarin, nah besoknya tuh udah take. Kan susah, ya,’’ kata dia.

Kendati demikian, Shenina berhasil menjalani tugasnya dengan baik. Bahkan, demi totalitas melakoni perannya, dia enggan mengenakan pelampung pada saat sesi latihan. Hal itu sempat membuat Paul khawatir akan keselamatan pemainnya. ’’Saya stres juga itu, udah ditawarin pelampung, tapi si pemberani ini nggak mau karena di adegannya nggak pakai pelampung,’’ ungkap Paul.

Sementara itu, Shenina menambahkan, yang menjadi kekhawatirannya saat melakukan adegan di sampan adalah keselamatan penumpang. Sebab, dalam beberapa adegan, Shenina harus mengayuh sampan yang juga ditumpangi Anwar alias Emir. ’’Takut sama diri sendiri sih nggak, tapi karena boncengin kali ya, ada nyawa orang lain gitu. Sama kamera juga,’’ tutur Shenina.

Film Onde Mande! mengisahkan seorang pensiunan guru bernama Angku Wan (Musra Dahrizal) yang tinggal di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat. Angku Wan berhasil memenangkan undian bernilai miliaran rupiah. Namun, sebelum hadiah itu berhasil ditebus, Angku Wan berpulang. Seluruh warga desa, termasuk Ni Ta (Jajang C. Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), dan Si Mar, pun menyusun rencana besar agar uang tersebut bisa cair. Film Onde Mande! rencananya mulai tayang di bioskop pada 22 Juni mendatang. (*)

Reporter: jpgroup

Update