Rabu, 19 Juni 2024

6 Kandungan Skin Care yang Wajib Dihindari oleh Seseorang dengan Tipe Kulit Berminyak

Berita Terkait

ILUSTRASI kulit berminyak. (Shutterstock)

batampos – Kulit berminyak sangat rentan terhadap pertumbuhan jerawat dan komedo. Hal itu disebabkan karena sensitivitas jenis kulit ini lebih tinggi daripadayang lainnya.

Sehingga, orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak harus ekstra hati-hati saat menggunakan skin care. Sebab, ada beberaoa kandungan skin care yang harus dihindari untuk kulit berminyak.

Meskipun memilih dan menggunakan bahan-bahan yang tepat seperti asam salisilat, sulfur, dan retinol adalah kuncinya, penting juga untuk menghindari bahan-bahan yang dapat memperburuk produksi minyak di kulit.

Dilansir dari healthshots, berikut lima kandungan skin care yang harus dihindari oleh orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

1 Coconut Oil
Produk yang konsistensinya kental sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki tipe kulit berminyak. Karena, hal tersebut dapat membuat kulit Anda dan lapisan lain di atasnya tidak dapat bernapas dengan leluasa. Terkadang debu juga terperangkap di bawah minyak dan menyebabkan masalah seperti gatal dan ruam. Itu sebabnya penggunaan kandungan minyak kelapa, meski telah dicampur dengan bahan lainnya tetap tidak dianjurkan untuk kulit berminyak.

2 Almond Oil
Jika Anda memiliki kulit berminyak atau sensitif maka Anda juga harus menghindari minyak almond. Menurut dr. Kapoor, penggunaan minyak almond pada kulit berminyak dapat memicu munculnya jerawat dan akhirnya membuat zona T Anda akan semakin berminyak. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih minyak dari pohon teh untuk mengambil manfaat yang sama dengan minyak almond ini.

3 Petroleum Jelly
Petroleum jelly memiliki banyak manfaat namun kurang cocok untuk kulit berminyak. Untuk kulit berminyak, bahan ini dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit Anda tidak dapat bernapas dengan baik. Sehingga, Anda yang memiliki jenis kulit berminyak alangkah lebih baik untuk menghindari bahan skincare yang satu ini.

4 Alkohol
Ada banyak jenis alkohol yang digunakan dalam perawatan kulit, beberapa menghidrasi kulit, dan yang lainnya membersihkannya. Dan jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin tergoda untuk memilih produk yang mengandung alkohol untuk mendapatkan sensasi kencang dan rasa bersih yang ditinggalkannya.

Tetapi itu ternyata bukan hal yang baik. Sebagai contoh, toner berbahan dasar alkohol yang kuat hanya akan menghilangkan minyak secara dangkal, dan bahkan dapat menghilangkan kelembaban alami kulit Anda. Toner cenderung membuat kulit menjadi lebih berminyak karena produk ini mencoba mengimbangi sebum yang hilang selama pembersihan.

5 Malai
Malai atau krim terbuat dari susu yang sering diaplikasikan sebagai serum malam, mungkin dapat membuat kulit Anda halus karena mengandung asam laktat. Namun jika diaplikasikan dalam kulit berminyak, malai ini ternyata bisa membuat kulit terlihat semakin berminyak. Menggunakan malai dapat membuat kulit Anda terhidrasi sampai batas yang tidak diperlukan.

6 Besan
Besan adalah salah satu bahan dasar perawatan kulit yang paling umum digunakan untuk masker wajah. Orang dengan tipe kulit berminyak harus menghindari kandungan besan ini, karena dapat memperbesar pori-pori kulit Anda dan menimbulkan ruam. Itulah sebabnya kebanyakan dari orang dengan tipe kulit berminyak yang menggunakannya akan mengalami alergi terhadap bahan ini. (*)

Reporter: JP Group

Update