Rabu, 17 April 2024

5 Asupan Nutrisi Seimbang

Berita Terkait

Makanan yang kaya akan vitamin A dan berkalsium tinggi./Freepik.com

batampos – Masalah kesehatan seperti osteoporosis terjadi karena tulang yang tidak sehat. Kondisi ini merupakan bentuk dari pengeroposan pada tulang yang disebabkan oleh penurunannya kepadatan pada tulang seiring dengan usia kita yang bertambah.

Hal ini tentu membuat kita memerlukan nutrisi pada tulang dengan cara mengonsumsi makanan yang seimbang.

Dilansir dari Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Kamis (25/1), berikut adalah makanan yang bisa membantu kepadatan tulang kita agar tetap sehat.

Baca Juga: Daftar Smartphone Xiaomi yang akan Dapat Update HyperOS

1. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau dan kuning ini dapat membantu meningkatkan mineralisasi tulang di masa pertumbuhan anak dan juga menjaga massa tulang orang dewasa.

Karena sayuran kaya akan vitamin C yang membantu untuk meningkatkan produksi sel pembentuk tulang. Selain itu efek antioksidan vitamin C dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

Kita juga dapat mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti sawi, sawi putihm kangkung, lobak, dan bok choy. Dalam 55 gram lobak hijau terdapat sekitar 200 miligram kalsium. Selain itum sayuran berwarna hijau tua juga mengandung vitamin K yang tentunya membantu pencegahan dari osteoporosis.

2. Minum Susu

Susu mengandung kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat melimpah, kedua zat ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

Vitamin D pada susu berguna untuk menjaga kalsium dan fosfor dalam darah, sedangkan kalsim membantu dalam menjaga tulang agar tetap kokoh.

Beberapa makanan yang termasuk susu seperti yoghurt, keju, ini tentu berguna untuk mengobati tulang yang mengeropos.

Baca Juga: Ada 10 Tanda Seseorang Kekurangan Protein

3. Konsumsi Tahu

Makanan yang sering kita jumpai ini ternyata memiliki 860 miligram kalsium yang tentunya berguna untuk membentuk tulang. Karena kedelai memiliki kaya akan nutrisi untuk kesehatan pada tulang.

4. Konsumsi Kentang

Kentang memiliki dua nutrisi yang dapat membantu pencegahan osteoporosis yakni magnesium dan potasium. Kita akan mengalami masalah pada keseimbangan vitamin D pada tubuh jika kita kekurangan zat magnesium.

Kita bisa mendapatkan zat magnesium dan potasium melalui olahan kentang yang dipanggang tanpa menggunakan bumbu penyedap apapun. Satu buah kentang memiliki 31 miligram magnesium dan potasium.

Baca Juga: Daftar Smartphone Xiaomi yang akan Dapat Update HyperOS

5. Konsumsi Ikan Salmon

Manfaat yang terkandung pada ikan salmon bisa kita temukan pada ikan lain yang setipe dengan ikan yang berlemak. Asam lemak omega 3 dan nutrisi yang terkandung dapat membantu untuk menjafa kesehatan pada tulang kita.

Beberapa makanan tersebut dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan pada tulang. Selain konsumsi makanan yang tertulis di atas, kita juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya untuk mengurangi resiko dari osteoporosis.

Dengan beraktivitas dan diiringi dengan konsumsi makanan yang sudah disebutkan tentu dapat membantu pencegahan pengeroposan dini. (*)

Update