Jumat, 9 Desember 2022

4 Keterampilan Berguna bagi Anak yang bisa Dilatih dari Sekarang

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

batampos.co.id – Mempersiapkan masa depan si buah hati adalah proses yang panjang. Acapkali, para orang tua mulai mempersiapkan proses ini mulai dari ketika si anak mereka masih sangat muda.

Namun sayangnya, metode ini kerap hanya difokuskan pada hard skill dan sangat jarang menyentuh ranah soft skill.

Padahal, melansir laporan Global Recruiting Trends di tahun 2018, yang mewawancarai lebih dari 2.000 pemimpin di dunia bisnis, soft skill atau keterampilan sosial adalah tolak ukur baru yang bisa jadi variabel penting.

Melansir laporan yang sama, soft skill paling berdampak dan paling penting kedepannya adalah:

Kepemimpinan

Karakter yang tahu bagaimana menginspirasi dan memimpin tim menuju tujuan bersama, memiliki visi strategis, mempertahankan sikap proaktif atau dapat beradaptasi dengan perubahan.

Kepemimpinan bukanlah kemampuan bawaan tetapi adalah skill yang dapat dilatih. Tergantung pada posisi yang mereka tempati dalam keluarga dan lingkungan, seorang anak bisa memiliki kemampuan leadership yang lebih baik atau lebih buruk.

Metode utama yang bisa meningkatkan skill leadership adalah dengan mempengaruhi si kecil untuk belajar beradaptasi dengan perubahan dan mengajarkan mereka tentang fleksibilitas ketika menghadapi situasi baru.

Ilustrasi

Kolaborasi

Kemampuan ini menitikberatkan pada keterampilan dalam mengelola kerja tim sebagai cara kerja. Bekerja secara kolaboratif dan kompak.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan ini para orang tua harus mengajari anak mereka untuk tidak merasa individual, dan merasa menjadi bagian dari satu. Ajarkan juga semangat gotong royong yang mendalam saat menjalankan tugas apapun dalam kehidupan.

Manajemen Waktu

Kunci dari manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk mampu mengatur agenda seefisien mungkin. Kemampuan ini memiliki dua dimensi yang harus dipenuhi.

Pertama, orang tua harus memperlihatkan bahwa mereka memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar dapat diikuti oleh anak mereka.

Selanjutnya, ajari anak untuk selalu memperbarui jadwalnya, berkomitmen pada jadwalnya, dan mampu mengatur waktunya sendiri.

Komunikasi

Skill ini adalah semuanya tentang cara mengetahui bagaimana teknik berinteraksi dengan rekan kerja lain, menguasai pidato dan retorika publik, berlatih mendengarkan secara aktif.

Komunikasi juga merupakan kemampuan untuk mempengaruhi dan memotivasi, mengirimkan dan mengetahui bagaimana menerima umpan balik.

Kemampuan berkomunikasi bukan hanya tentang berbicara di depan umum. Para orang tua juga harus membiasakan anak mereka untuk dapat menjelaskan situasi yang pelik dan rumit. Selain itu, porsi untuk belajar bahasa asing juga penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

Selain bahasa Inggris yang sudah diajarkan secara masif dalam kurikulum sekolah, belajar bahasa Mandarin juga penting untuk masa depan anak. Dengan semakin integralnya peran Negara Tirai Bambu dalam percaturan dunia, rasanya tidak salah untuk mulai mengajarkan bahasa Mandarin pada si kecil mulai dari sekarang.

Lagi pula sekarang sudah ada LingoAce, edutech kelas global yang fokus pada pembelajaran bahasa Mandarin yang autentik dan menarik.

Platform les bahasa Mandarin online ini disiapkan khusus untuk jadi portal belajar yang ideal untuk anak umur 6 sampai 15 tahun.

Para orang tua juga tidak perlu khawatir karena LingoAce sudah mendapatkan sertifikat kidSAFE yang berarti bahwa aplikasi ini aman dari semua serangan digital yang berpotensi menyerang identitas dan jiwa anak.

Lebih jauh, LingoAce juga sudah mempersiapkan kurikulum yang lengkap untuk menjaring semua potensi peserta didik. Dalam portal e-Learning ini ada dua jenis kurikulum yang keduanya diajarkan langsung oleh tenaga pengajar native speaker.

Guru-guru yang ada di LingoAce juga sudah tersertifikasi secara global dengan hasil Ujian Kemampuan Putonghua.

Terakhir, dan yang paling penting, dalam upaya untuk memastikan proses belajar mengajar bahasa Mandarin dapat dilakukan dengan efektif dan efisien, kelas di LingoAce juga dibatasi maksimal 6 peserta didik dalam satu sesinya.

Harga layanan LingoAce juga cukup terjangkau mulai dari Rp 83 ribu lho. Penasaran? Yuk daftar kelas free trial sekarang dan lihat sendiri perbedaan LingoAce dari platform lainnya.

Update