Jumat, 12 Agustus 2022

3 Tips Cegah Karang Gigi dan Penyakit Gusi

Berita Terkait

batampos– Kebersihan mulut akan menentukan kondisi gigi . Untuk Itu penting untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Tujuannya selain menjaga kesehatan gigi juga untuk menjaga gigi tetap bersih. Jika gigi tidak disikat atau dibersihkan secara teratur, bisa mengakibatkan masalah seperti gigi berlubang hingga penyakit gusi.

Terkadang rasa malas sebelum tidur membuat bakteri menumpuk. Alhasil malah membuat timbunan karang dan kotoran di gigi.

ILUSTRASI. Kondisi gigi yang sehat berasal dari kebersihan mulut yang terjaga dengan baik. Lantas, apakah cukup mencegah karang gigi hanya dengan rajin menyikat gigi? (just dial)

Dokter gigi dan influencer kesehatan influencer asal Indonesia, drg. Tri Putra rajin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi lewat kontennya. Menurutnya, masyarakat harus diajari tentang konsekuensi dari kebersihan gigi dan makanan yang dikonsumsi terhadap kesehatan gigi, serta pentingnya pemeriksaan gigi secara teratur untuk memastikan kesehatan gigi.

BACA JUGA: Meski Membuat Gatal Mulut, Ini 6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

“Kemudahan memperoleh informasi di era digital saat ini tentunya semakin memudahkan para tenaga medis dan dokter gigi untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi. Apalagi dengan hadirnya media sosial di mana setiap orang dapat saling terhubung dan memperoleh informasi dari mulut ke mulut,” katanya secara virtual lewat akun Instagram @doktergigi_ dan @drg.triputra baru-baru ini.

Lalu bagaimana tips mencegah karang gigi dan penyakit gusi? Ini saran drg. Tri Putra.

1. Bersihkan Karang Gigi Tiap 6 Bulan
Masyarakat harus lebih sadar bahwa rutin membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali itu penting. Sehingga dianjurkan setiap 6 bulan sekali minimal harus datang ke dokter gigi.

“Banyak orang yang suka menonton video-video saya, khususnya pembersihan karang gigi. Dan perlu diingat pergi ke dokter minimal 6 bulan sekali membersihkan karang gigi,” katanya.

2. Rajin Sikat Gigi
Masyarakat dianjurkan semakin rajin menyikat gigi yakni 2 kali sehari. Terutama sebelum tidur agar bersih dari kuman dan bakteri di lubang gigi kita.

3. Ajarkan Anak Sejak Dini
Dokter bernama lengkap Muh. Try Utomo Insana Putra yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti itu mengingatkan agar pentingnya mengajarkan anak kebiasaan menyikat gigi pada malam hari. Dia mengatakan bahwa hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat agar jangan lupa menyikat gigi sebelum tidur termasuk anak.

“Edukasi ke anak-anaknya saat anak-anaknya lagi malas atau sulit disuruh menyikat gigi, bisa lewat video salah satu medianya saat ini agar anak-anak lebih memahami pentingnya menyikat gigi malam hari,” katanya. (*)

reporter: jpgroup

Update