Minggu, 21 Juli 2024

15 Aplikasi Edit Foto yang Simple

Berita Terkait

Ilustrasi orang sedang mengedit foto melalui smartphoness. (Pexels.com)

batampos – Fotografi merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Melalui foto-foto yang dihasilkan mampu menceritakan sebuah tempat dan waktu.

Selain itu, dari foto juga bisa mengabadikan suatu momen berharga. Seseorang yang sedang melakukan fotografi akan membidik lebih dari satu foto. Kemudian memilih foto mana yang terbaik untuk disimpan atau bahkan diunggah di media sosial miliknya.

Sebelum mengunggah foto di media sosial, tentu saja ingin memberikan kualitas foto yang terbaik. Dengan demikian, diperlukan proses editing terlebih dahulu untuk menunjang kualitas foto tersebut. Dilansir melalui pinkvilla.com pada (15/7), simak 15 aplikasi edit foto yang simple.

Baca juga:Baru Nikah, Cincin Pernikahan Tina Toon Sudah Hilang

1. Adobe Lightroom
Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Adobe Lightroom? Sebuah aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Mungkin bagi sebagian orang sudah tak asing lagi ketika mendengar nama Adobe Lightroom. Fitur yang ditawarkan terbilang cukup sederhana, maka tak heran jika cara mengoperasikan aplikasi ini tidak terlalu sulit. Adobe Lightroom lebih mengunggulkan pada fitur untuk mengatur warna foto dan tampilan foto. Untuk mendapatkannya cukup mudah karena aplikasi ini sudah tersedia di desktop ataupun smartphone.

2. You Cam Perfect
You Cam Perfect adalah aplikasi untuk mengedit foto yang dikembangkan oleh Perfect Corp. Beragam fitur yang ditawarkan contohnya seperti basic editing, advance editing, beauty tools, stickers, dan pilihan macam filter. Fitur-fitur tersebut yang nantinya akan membuat hasil foto menjadi lebih sempurna, terutama ada fitur beauty tools-nya. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa membuat kolase foto. Tak heran jika You Cam Perfect termasuk ke dalam aplikasi editing foto terbaik. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun ada fitur tambahan yang berbayar di dalam aplikasi tersebut.

3. Picsart
Memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan You Cam Perfect, aplikasi Picsart ini juga terdapat fitur kolase foto. Picsart juga memiliki beragam filter, tools, efek foto dan lainnya. Secara keseluruhan, Tak hanya itu saja, Picsart juga memiliki fitur untuk menghapus objek yang mengganggu pada foto. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa Picsart merupakan aplikasi edit foto yang bagus dan banyak pilihan fiturnya, bahkan cocok digunakan untuk pemula sekalipun.

4. Snapseed
Snapseed menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik di kalangannya. Aplikasi buatan Google ini tersedia untuk iOS dan android, jadi tak perlu khawatir lagi karena semua sistem operasi bisa mengakses aplikasi ini. Tersedia fitur tools dan filter yang dapat menunjang kualitas foto. Sejatinya, setiap aplikasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan pada aplikasi ini adalah memiliki beragam tools yang mampu mempecantik foto, sedangkan kekurangannya adalah minimnya filter yang diberikan.

5. VSCO
Mendengar nama VSCO rasanya sudah tidak asing lagi di telinga. VSCO merupakan aplikasi edit foto yang terkenal memiliki berbagai macam filter, contohnya seperti vintage. Para fotografer atau kreatif kerap kali lebih memilih menggunakan VSCO untuk menunjang kualitas fotonya. Walaupun aplikasi ini berbayar, ada pula yang gratis namun fiturnya terbatas. Aplikasi edit foto yang satu ini sangat cocok bagi orang yang suka memakai filter atau preset.

6. Fotor
Fotor adalah aplikasi edit foto yang cukup populer bagi pengguna yang ingin mengedit dan membuat kolase foto. Seperti aplikasi yang lain, Fotor juga tersedia untuk iOS dan android. Selain itu, aplikasi ini terbilang cukup mudah dipakai pemula karena UI nya yang sederhana. Fotor mempermudah dalam menjelajahi filter dan efek untuk membuat foto menjadi lebih kreatif.

7. Prisma
Prisma merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan beragam filter unik dan artistik. Pasalnya, filter-filter tersebut terinspirasi dari karya seniman terkenal seperti Van Gogh, Picasso, dan Munch. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2016 ini telah mencapai 100 juta unduhan di tahun pertamanya. Maka tidak heran jika banyak orang yang memakai Prisma sebagai aplikasi edit foto. Selain filter, Prisma juga menawarkan beberapa tools editing seperti mengatur pencahayaan atau kontras foto, memotong foto, menambahkan stiker, serta menambahkan teks dengan beragam pilihan font nya.

8. Canva
Canva menjadi salah satu aplikasi desain grafis yang paling populer. Aplikasi ini sudah tersedia di website maupun smartphone. Membuat desain grafis dengan menggunakan Canva adalah pilihan yang tepat, terutama bagi pemula. Selain itu, bisa mengedit foto dengan beberapa pilihan fitur yang ditawarkan. Namun beberapa fitur ada yang tidak bisa diakses karena termasuk berbayar. Hal yang membedakan Canva dengan aplikasi lainnya adalah Canva memiliki fitur untuk bisa berkolaborasi dengan orang lain pada desain yang sedang dibuat.

9. Photo Director
Bingung mencari aplikasi edit foto yang bisa menghapus objek yang tidak diingkan? Mencoba untuk mengunduh Photo Director adalah pilihan yang bagus. Aplikasi yang dikembangkan oleh CyberLink ini banyak menawarkan fitur untuk mengedit foto supaya terlihat lebih profesional. Fitur lainnya seperti masking, curves, dan pengeditan selektif. Mungkin fitur yang ditawarkan terdengar rumit, namun nyatanya aplikasi ini sangat mudah digunakan serta tampilan UI nya pun sudah tepat. Mudah diakses,, aplikasi ini tersedia untuk iOS dan abdroid

10. Afterlight
Afterlight adalah aplikasi editing foto yang dikembangkan oleh Skylum. Tersedia untuk perangkat iOS dan android, aplikasi ini menawarkan lebih dari 100 filter yang bisa diterapkan di foto. Tampilan filter tersebut antara lain seperti kamera analog, stok film klasik, tren modern dan masih banyak lagi. Afterlight adalah aplikasi berbayar namun tersedia uji coba gratis.

11. GIMP
Jika berbicara soal pengedit foto yang kuat dan serba guna, maka GIMP adalah pilihan yang tepat. GIMP adalah aplikasi editor grafik raster yang digunakan untuk manipulasi gambar, komposisi gambar, dan penulisan gambar. Secara keseluruhan, GIMP tak jauh berbeda dengan Adobe Photoshop. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan pada Windows, macOS, dan Linux. Tak hanya itu saja, aplikasi ini gratis untuk digunakan.

12. Facetune
Bagi yang doyan selfie pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi Facetune. Aplikasi ini cukup populer untuk mengedit foto selfie. Fitur-fitur yang ditawarkan mampu membuat foto nampak bagus dan sempurna. Contohnya seperti fitur untuk menghilangan noda dan kerutan di wajah, memburamkan latar belakang di foto, dan lainnya. Aplikasi ini pun sudah tersedia di iOS maupun android.

13. PixLr
PixLr adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang mencari aplikasi edit foto gratis dan mudah digunakan. Mungkin akan jauh berbeda dengan aplikasi edit foto di kalangannya, namun PixLr menawarkan berbagai fitur yang apik, mudah digunakan dan tentunya gratis. Aplikasi ini berisi utilitas pengeditan foto yang berbasis cloud.

14. Touch Retouch
Touch Retouch mengunggulkan fitur untuk menghapus objek yang tidak diinginkan pada sebuah foto. Cara menggunakannya yang mudah dan sederhana ini sangat cocok digunakan bagi pemula. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui App Store bagi pengguna iOS dan Play Store bagi pengguna Android.

15. Affinity Photo
Affinity photo merupakan aplikasi edit foto yang terkenal di kalangan fotografer profesional dan desain grafis. Fitur yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan Adobe Photoshop, maka bisa dijadikan alternatif untuk mengedit foto dengan hasil yang maksimal. Fitur-fiturnya antara lain seperti layering, masking, dan koreksi warna.(*)

Reporter: jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan