Selasa, 23 April 2024

Yuk Tanam Lima Tanaman Pembersih Udara! Rumah Jadi Cantik Loh

Berita Terkait

Tanaman Peace Lily. (Southern Living)

batampos – Lima tanaman ini menjadikan tampilan rumah semakin cantik sekaligus udara di sekelilingnya bersih. Tanaman ini mampu menyerap polutan dan menghasilkan oksigen.

Tanaman merupakan salah satu alternatif untuk mendekorasi rumah agar terlihat cantik. Selain itu, tanaman juga miliki manfaat baik untuk menjaga kelembapan udara.

Memiliki tampilan yang menyejukkan, tanaman dapat digunakan untuk menghias rumah dan menciptakan tampilan yang indah. Tanaman tersebut dapat diletakkan baik di dalam maupun di luar rumah.

Baca juga:Tanda-Tanda Saatnya Harus Ganti Smartphone

Selain mempercantik ruangan di rumah, beberapa jenis tanaman juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup dengan membantu membersihkan udara dalam ruangan.

Menanam tanaman dalam rumah adalah cara yang bagus untuk memberikan sentuhan alami, meningkatkan kualitas udara, dan menciptakan suasana yang menyegarkan di dalam ruangan.

Beberapa tanaman memiliki kemampuan alami untuk membersihkan udara dengan menyerap polutan dan menghasilkan oksigen.

Perlu diingat, meski tanaman-tanaman ini dapat membantu membersihkan udara, namun efeknya hanya terbatas pada ruang tertentu. Selain itu, faktor-faktor lain seperti ventilasi, kelembaban, dan polutan lain di dalam ruangan juga perlu diperhatikan untuk mencapai udara yang bersih dan sehat.

Dikutip dari akun TikTok @tabursubur.id, berikut merupakan beberapa tanaman yang dikenal memiliki kemampuan dapat membersihkan udara, diantaranya:

Sirih Gading (orami.co.id)

1. Sirih Gading

Tanaman sirih gading terkenal akan manfaatnya yang mampu menjernihkan udara di dalam rumah dengan cara menyerap semua racun berbahaya yang ada di atmosfer. Sirih gading dapat menyerap zat berbahaya seperti sisa-sisa cat tembok, perabotan plastik, peralatan elektronik, atau bahkan asap kendaraan yang mungkin masuk ke dalam rumah.

2. Peace Lily

Peace lily adalah salah satu tanaman hias paling populer karena keindahannya yang mempesona. Tanaman ini memiliki bunga putih dengan bentuk unik. Tumbuhan ini memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur, menyerap uap aseton, menghilangkan spora jamur, dan dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Chinese Evergreen (Queen bee’s garden)

3. Chinese Evergreen

Tanaman ini biasanya disebut dengan nama Sri Rejeki dan memiliki banyak sekali jenisnya. Tidak hanya dapat mempercantik rumah karena coraknya, Chinese evergreen juga efektif untuk menyaring polusi dalam ruangan seperti formalin, benzena, dan trichloroethylene.

Spider Plant (country living magazine)

4. Spider Plant

Memiliki bentuk daun seperti kaki laba-laba, tanaman ini kaya akan manfaat yaitu dapat menghilangkan zat polutan kimia, seperti formaldehid dan xylene. Terkadang, tanaman ini juga menghasilkan bunga putih yang akan semakin mempercantik ruangan.

Rubber Tree (Good Housekeeping)

5. Rubber Tree
Rubber tree merupakan salah satu tanaman yang dapat mempercantik ruangan dan dapat tumbuh tinggi. Rubber tree memiliki manfaat dapat menghilangkan debu dan membantu menyerap karbondioksida. Sehingga tanaman tersebut dapat mengurangi pencemaran udara atau polusi dalam ruangan.(*)

Reporter: jpgroup

Update