Minggu, 21 Juli 2024

Wajib Dicoba, Berikut 7 Cara Atasi Stres Bagi Mahasiswa dengan Sederhana

Berita Terkait

ILUSTRASI Stres pada mahasiswa. (Sumber: freepik)

batampos – Stres bisa menghampiri siapa saja, termasuk mahasiswa. Menurut American Institute of Stress mengatakan, empat dari lima mahasiswa sering mengalami stress.

Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan efek samping, baik fisik maupun mental. Kurangnya konsentrasi, mudah tersinggung, perubahan nafsu makan, hingga melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Penting bagi mahasiswa untuk melakukan manajemen stres agar bisa mengendalikan diri dari stress yang berlebihan. Bagaimana cara manajemen stres bagi mahasiswa? Berikut ulasannya yang dirangkum dari Very Well Mind, Jumat (5/1).

1. Tidur yang cukup

Dengan jadwal yang padat, mahasiswa seringkali mengabaikan tidurnya. Ketika seseorang kurang tidur akan lebih sulit belajar dan berbahaya ketika mengemudi.

Kurang tidur di siang hari juga dapat menyebabkan gangguan suasana hati, risiko kecelakaan mobil yang lebih tinggi, nilai rata-rata rendah, hingga pembelajaran yang buruk.

2. Olahraga secara teratur

Salah satu cara paling sehat untuk mengeluarkan tenaga adalah dengan berolahraga secara teratur. Penelitian dari International Journal of Adolescent Medicine and Health melaporkan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas fisik tingkat stress yang dirasakan lebih rendah. Mungkin menemukan waktu untuk memulai olahraga sulit, tapi kamu bisa memulainya dengan melakukan yoga di pagi hari atau berjalan kaki santai.

3. Mendengarkan musik

Musik bisa jadi pereda stres yang nyaman dan juga banyak manfaat kognitif. Musik membantu menghilangkan stress dan menenangkan diri atau menstimulasi pikiran.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology menemukan, music up beat dapat meningkatkan kecepatan dalam pemrosesan dan memori. Ketika kamu mengalami stres, kamu bisa mendengarkan musik yang menenangkan sehingga membantu untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Kamu juga bisa memanfaatkan musik klasik ketika belajar, mendengarkan music upbeat untuk membangun mood, dan musik santai untuk menenangkan pikiran.

4. Makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan kekuatan otak, sehingga membantu kamu lebih reaktif terhadap stres. Pola makan yang sehat dapat membantu melawan stres dalam beberapa cara. Ketika kamu mencoba memperbaiki pola makan, kamu dapat membantu mencegah stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Bangun hubungan interpersonal

Mendapatkan dukungan secara emosional dapat memengaruhi serta menciptakan perlindungan terhadap stress. Hal ini juga bisa membantu melawan perasaan kesepian dan memastikan bahwa kamu memiliki orang-orang yang dapat diandalkan pada saat dibutuhkan.

6. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan baik untuk mengelola stres, karena dapat melawan dan mencegah kecemasan serta meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih fokus. Stres menjadi masalah umum yang terjadi pada mahasiswa dan berdampak negatif pada kesehatan. Kamu bisa mencoba latihan pernapasan untuk mengelola stres.

7. Manajemen waktu

Salah satu cara terpenting untuk meningkatkan produktivitas dan bisa membantu mengurangi stres dengan melakukan teknik dasar manajemen waktu. Manajemen waktu salah satu kebiasaan penting yang berharga untuk dikembangan. Mahasiswa seringkali kekurangan waktu untuk mengerjakan tugas atau melakukan hal lainnya. (*)

Reporter: JP Group

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan