Senin, 22 April 2024

Usai Kakinya Diamputasi, Suti Karno Belajar Jalan Lagi

Berita Terkait

Suti Karno belajar berjalan menggunakan kaki palsu. (Instagram @sutykarno)

batampos – Usai satu kaki kanannya diamputasi, aktris Suti Karno belajar jalan lagi dengan kaki palsu. Kini Suti Karno sudah bisa berdiri lagi. Kaki kanannya diamputasi akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Proses amputasi ini dilaksanakan sekitar 4 bulan lalu atau pada bulan Oktober 2022.

Suti Karno mengatakan bahwa dirinya masih perlu beradaptasi untuk bisa berjalan dengan baik. “Baru beradaptasi menggunakan kaki palsu, mungkin dalam dua minggu ke depan akan dilakukan proses penyesuaian lagi (kaki palsunya),” ucap Suti Karno saat ditemui di bilangan Mampang Jakarta Selatan.

Saudara kandung Rano Karno itu mengungkapkan tidak mudah baginya untuk dapat berjalan dengan baik. Bukan hanya karena menggunakan kaki palsu, tapi juga sudah sekitar 4 bulan lamanya Suti Karno tidak berjalan sama sekali usai dilakukan amputasi.

Baca juga:Richard Kyle Cari Calon Istri Yang Apa Adanya, Gak Pakai Topeng

“Istilahnya susah lah buat meratain dan berjalan karena kan itu nggak gampang,” tutur Suti Karno.

Usai menjalani amputasi dan pemulihan kondisi kesehatannya, Suti melakukan terapi di sebuah rumah sakit di Jakarta. Terapi ini bertujuan menguatkan bagian tangan serta kakinya supaya kembali bisa berjalan. Latihan ini tentu saja didukung oleh fasilitas penunjang yang memang tersedia di rumah sakit.

“Terapi di rumah sakit itu jadwal terapinya seminggu 2 kali,” kata Suti Karno.

Kendati harus kehilangan satu satu kakinya, tidak ada penyesalan sama sekali dirasakan aktris berusia 56 tahun tersebut. Dia pun meyakini apa yang terjadi dalam hidupnya ini merupakan kesalahan yang telah dia lakukan sendiri pada masa lalu.

Suti Karno justru bersyukur dia masih diberikan kesempatan hidup oleh Tuhan. Dia ingin disisa hidupnya sekarang ini bisa lebih membawa kemanfaatan bagi banyak orang. “Insya Allah kalau dipercaya syuting saya mau bekerja,” katanya. (*)

Reporter: Jpgroup

 

Update