Senin, 22 April 2024

Turunkan Kolesterol dan Kelola Diabetes, Ini 6 Cara Konsumsi Bawang Putih

Berita Terkait

Ilustrasi makan bawang putih (curetick)

batampos – Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang sangat populer untuk kesehatan. Bawang dengan nama latin Allium Sativum ini memiliki banyak khasiat.

Dikutip dari Healthshots, Ahli ayurveda dr Annu Prasad menjelaskan, bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan diabetes, serta menurunkan kadar trigliserida.

Bawang putih mentah mungkin tidak cocok bagi sebagian orang. Berikut ini beberapa cara untuk mengonsumsinya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga:Drumer Metallica Kritik Penonton Pelempar Barang

1. Makan bawang putih mentah saat perut kosong
Konsumsi bawang putih mentah saat perut kosong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan senyawa allicin di dalamnya memiliki sifat penurun kolesterol dan pengencer darah.

Cara konsumsinya cukup makan beberapa siung bawang putih mentah dengan segelas air di pagi hari. Jika khawatir dengan baunya yang menyengat, bisa mengonsumsinya dengan lemon, cuka sari apel, atau air panas.

Memakan bawang mentah dengan segelas air adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengelola diabetes sekaligus mempertahankan nutrisi yang paling banyak.

2. Teh bawang putih

Teh bawang putih bisa menjadi pilihan bagi yang menyukai rasa lebih ringan tetapi juga mendapatkan manfaat maksimal. Cara membuatnya cukup mudah. Haluskan satu siung bawang dan tambahkan dengan segelas air.

Kemudian, campuran itu direbus selama beberapa menit. Tambahkan satu sampai dua sendok teh kayu manis. Setelah itu bisa disajikan dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh jus lemon.

3. Bawang putih dan madu

Kombinasi bawang putih dan madu adalah cara lain yang efektif untuk rutinitas kesehatan. Mengonsumsi campuran ini saat perut kosong dapat meringankan gejala refluks asam dan regurgitasi.

Cara konsumsinya pun cukup mudah, dengan memotong satu siung bawang menjadi tiga hingga empat bagian. Lalu letakkan di atas sendok berikan beberapa tetes madu. Diamkan selama beberapa menit lalu kunyah dengan hati-hati.

Cara alternatif lainnya, dengan mencampur 10 siung bawang putih yang diiris dengan 5 sendok makan madu. Jika rasanya terlalu kuat, bisa meminum beberapa teguk air hangat.

4. Bawang putih panggang

Bawang putih panggang menambah rasa yang lezat pada hidangan dan juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Bawang yang dipanggang tersebut akan menghasilkan rasa yang lembut dan sedikit manis.

Untuk memanggang, cukup iris bagian atas umbi hingga memperlihatkan siung. Kemudian, lumuri dengan minyak zaitun dan bungkus dengan aluminium foil. Panggang dalam oven pada suhu 400°F (200°C) selama 30-35 menit.

Setelah dingin, keluarkan bawang putih panggang dari kulitnya dan oleskan merata pada roti atau campurkan pada selai dan saus.

5. Sebagai bahan masakan sehari-hari

Salah satu cara termudah untuk mengonsumsi bawang putih dengan memasukkannya sebagai bahan masakan. Namun, perlu diketahui bahwa memasak bawang bisa mengurangi kandungan allicin.

Oleh karena itu, jika ingin memasukan sebagai bahan masakan bisa dengan cara menambahkan bawang putih mentah cincang ke dalam masakan sebelum disajikan.

6. Minyak bawang putih

Minyak bawang putih sebagai cara mudah lain untuk mengonsumsi bawang putih dan mendapatkan manfaat kesehatan. Minyak tersebut dapat dicampurkan dalam masakan, saus salad, atau sebagai minyak beraroma di atas sayuran dan roti panggang.(*)

Reporter: jpgroup

Update