Senin, 4 Maret 2024

Tujuh Kebiasaan Penyebab Kerutan Halus pada Kulit Wajah di Usia Muda

Berita Terkait

Ilustrasi kebiasaan penyebab kerutan di wajah di usia muda (freepik)

batampos – Kerutan dan garis halus merupakan tanda penuaan pada kulit wajah. Namun, tanda penuaan tersebut merupakan hal yang wajar seiring bertambahnya usia.

Namun, bukan hanya umur yang menyebabkan kerutan halus pada kulit. Ada beberapa kebiasaan yang sering dianggap sepele justru bisa menyebabkan penuaan dini.

Berikut ini kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari, namun bisa menyebabkan kerutan halus pada kulit di usia dini.

Baca Juga: Kris Wu Tetap Dihukum 13 Tahun Penjara atas Kasus Pemerkosaan, Dideportasi dari Tiongkok ke Kanada

1.Menggosok mata

Menurut Johns Hopkins Medicine, kantong di bawah mata merupakan bagian dari proses penuaan alami yang terjadi ketika otot sekitar mata melemah.

Tak sedikit orang mengucek mata tidak menjadi masalah dan tidak akan menimbulkan efek samping permanen.

Tapi menggosok mata secara terus menerus dapat menimbulkan masalah karena meningkatkan peradangan di area tersebut.

2. Minum menggunakan sedotan

Minum dengan menggunakan sedotan, dapat mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir. Semakin mengaktifkan otot tersebut, semakin besar kemungkinan mendapatkan kerutan pada kulit.

Garis-garis tersebut dari gerakan bibir yang berulang. Kamu bisa minum langsung dari bibir gelar, untuk menghindari menggunakan sedotan.

3. Stres

Setiap bagian tubuh dipengaruhi oleh stres. Ketika kurang tidur, tubuh akan memompa hormon stres dan dapat menyebabkan penuaan dini.

Kortisol merupakan hormon stres utama, ia memecahkan kolagen yang menyebabkan kulit kendur dan keriput hingga menyebabkan peradangan.

4. Tidak menggunakan kacamata hitam

Menurut Piedmont Healthcare, kacamata hitam dapat melindungi matahari dari sinar ultraviolet, yang dapat masuk ke kelopak mata, kornea, lensa, hingga retina. Gerakan berulang dengan menyipitkan mata dan mengerutkan kering akan menciptakan garis dan kerutan di wajah jika dilakukan jangka panjang.

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula dan garam

Dilansir laman Vogue, garam dan gula yang berlebihan menyebabkan masalah kesehatan, seperti tekanan darah hingga lonjakan dan penurunan insulin.

Garam menyebabkan retensi air dan membuat kulit dehidrasi, sehingga rentan terhadap peregangan dan garis-garis.

Mengonsumsi gula juga bisa menyebabkan lonjakan insulin dalam tubuh dan mempercepat penuaan dengan merusak serat protein, kolagen, dan elastisitas di kulit.

6. Terlalu sering menatap handphone

Blue light dari handphone atau komputer membuat kulit kita menua, seiring berjalannya waktu. Sehingga, penting untuk kita memakai tabir surya di dalam ruangan.

Selain itu, berbaring sambil bermain handphone juga bisa menyebabkan timbulnya kerutan dan lipatan di leher, sehingga penyebaran area kulit rahang kendur.

7. Tidur miring

Gesekan dan tarikan pada kulit yang terjadi sepanjang malam ketika kita tidur miring menyebabkan pembentukan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Kamu mungkin perlu tidur telentang atau berganti sisi dan beralih dengan sarung bantal sutra untuk menjaga kulit dari kerutan dini.(*)

Reporter : jp group

Update