Senin, 28 November 2022

Tugas Kasir Makin Mudah dengan Aplikasi Kasir

Berita Terkait

batampos-Dalam sebuah bisnis bagian kasir merupakan posisi yang langsung berhadapan dengan konsumen. Selain melayani dalam transaksi jual beli, sikap dan perilaku seorang kasir menjadi etalase sebuah bisnis. Ketika memiliki seorang kasir yang ramah dan melayani maka citra perusahaan akan terangkat.

Jadi ketika kamu ingin membangun bisnis dan membutuhkan seorang kasir maka kamu harus mengetahui pengertian kasir dan tugas seorang kasir. Selain itu, kemajuan teknologi juga mampu membantu tugas kasir menjadi lebih ringan.

Pengertian Kasir
Kasir adalah orang yang menerima pesanan, menerima uang transaksi untuk pembelian pelanggan, dan menyerahkan kembalian uang dari selisih harga. Kita bisa menemui kasir di toko-toko, minimarket, hotel, supermarket, rumah sakit, hotel dan lain-lain.

Setelah menerima pembayaran dari konsumen, maka biasanya pelanggan akan menerima bukti pembayaran atau struk transaksi atas pembeliannya. Isi struk biasanya menjelaskan rincian harga pesanan, potongan harga, pajak atau hal-hal lain yang harus dibayar.

Kasir kemudian akan menyerahkan data transaksi kepada akuntan sebagai bahan dasar penyusunan laporan keuangan. Tugas kasir menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah bisnis sehingga diperlukan seorang kasir yang baik.

Bagaimana menjadi kasir yang baik
Seorang kasir yang baik harus mampu mencatat dan menghitung secara akurat apa yang telah dibeli pelanggan. Kesalahan pencatatan dapat merugikan toko dan pelanggan. Perbarui label harga secara berkala dietalase, sesuai dengan standar harga baru.

Jika harga baru tidak segera diupdate, misalnya ada kenaikan harga, konsumen bisa kecewa karena tidak sesuai harapan. Catat seluruh data transaksi dengan benar dan akurat. Sehingga akuntan dapat menyiapkan laporan keuangan dengan benar.
Ramah dan mampu berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan. Bekerja untuk melayani banyak orang tentu menjadi pekerjaan yang melelahkan, tetapi jangan emosional ketika kamu bekerja sebagai kasir.

Jangan berbuat curang saat melayani pelanggan. Sedangkan untuk pemilik atau pengelola bisnis, mereka dapat memperkenalkan jika terjadi kecurangan maka pelanggan untuk tidak harus membayar, jika mereka tidak menerima tanda terima. Menjaga kepercayaan pelanggan menjadi prioritas. Pelanggan yang puas tidak akan ragu membagikan pengalaman negative tersebut.

Tugas Kasir Secara Umum
1. Mencatat transaksi penjualan dan pembayaran.
2. Cetak pesanan pembelian dan serahkan kepada pelanggan.
3. Memberikan informasi tentang harga diskon dan promosi produk.
4. Melakukan pengemasan produk yang dibeli konsumen.
5. Melaporkan catatan transaksi tersebut kepada pihak yang berwenang atau pihak lain yang membutuhkan informasi tersebut.
6. Melakujan pengecekan ketersediaan barang.

Pengertian Aplikasi Kasir
Perkembangan teknologi telah memudahkan tugas seorang kasir, karena melalui aplikasi kasir maka fitur-fitur yang terdapat didalamnya mampu menyusun pekerjaan secara otomotis dan terintegrasi secara baik.

Nah jika kamu bingung dengan aplikasi kasir, berikut pengertian aplikasi kasir yang harus kamu ketahui. Aplikasi kasir adalah sistem teknologi berbasis software yang digunakan dalam transaksi penjualan pada sebuah bisnis.

Aplikasi kasir sering juga disebut dengan istilah POS (point of sale), aplikasi ini merupakan program yang dapat menggantikan mesin kasir biasa. Yang fungsi utamanya adalah membantu menyelesaikan transaksi penjualan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah keuangan seringkali menjadi alasan utama kegagalan bisnis. Manajemen keuangan yang buruk atau transaksi yang tidak tepat membuat keuangan bisnis membingungkan. Ini biasanya terjadi ketika ada kesulitan karena kontrol manual proses bisnis.

Seiring pertumbuhan bisnis dan menarik lebih banyak pengunjung, tentunya sebagai pemilik bisnis dapat meningkatkan penjualan. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, hal tersebut dapat diatasi melalui mesin kasir dan aplikasi point of sale.
Dengan menggunakan sistem POS ini, Anda dapat melacak transaksi penjualan tanpa menggunakan mesin kasir. Secara umum, sistem POS akan membantu integrasi proses pembayaran. Sistem POS dapat digunakan untuk mencatat semua transaksi, baik penjualan ke konsumen maupun pembelian dari supplier. Dengan aplikasi ini, pengelolaan keuangan bisnis kamu akan mudah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pengoperasian sistem POS menjadi semakin lengkap dan kompleks. Tidak hanya dapat digunakan untuk mencatat transaksi bisnis, tetapi juga dapat digunakan untuk pelaporan keuangan dan pengelolaan keuangan.
Sehingga kamu dapat memantau kinerja perusahaan sekaligus mendapatkan analisis data penjualan secara real-time.

BACA JUGA: Aplikasi Pembayaran Daring Semakin Dibutuhkan

Manfaat menggunakan aplikasi Kasir
Bagi mereka yang memulai bisnis, sistem POS sangat penting untuk membantu kamu menjalankan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakannya. Jadi berikut ini beberapa manfaat aplikasi kasir dalam mengembangkan bisnis:

1. Sistem keamanan
Ketika kamu memiliki perusahaan besar dengan banyak cabang, maka kamu perlu memercayai seseorang untuk menjalankannya. Tetapi menyerahkan tanggung jawab bisnis kepada seseorang yang percaya tidak cukup.

Harus ada kekhawatiran tentang keamanan perusahaan serta masalah kebocoran uang. Dengan menggunakan aplikasi atau POS ini, kamu dapat menghindari masalah ini saat memeriksa bisnis secara rutin.

2. Catatan transaksi yang cepat dan akurat
Tujuan utama penggunaan aplikasi ini adalah untuk memelihara catatan transaksi. Yang akan membuatnya lebih cepat dan akurat tanpa perlu menghitung dengan tangan. Kamu juga akan sangat terbantu dalam akuntansi biaya karena laporan transaksi bisnis akan tersimpan secara otomatis dan inventaris produk akan akurat.

3. Analisa bisnis
Kegagalan bisnis seringkali disebabkan oleh kurangnya analisis dan pelaporan bisnis yang akurat dan tepat waktu. Hal ini akan sulit dilakukan jika semuanya masih manual. Namun, dengan aplikasi kasir untuk membantu bisnis, analisis dan laporan bisnis dapat diperoleh dengan cepat dan efisien. Ini memudahkan kamu untuk memantau bisnis.

4. Manajemen keuangan
Dengan fitur-fiturnya yang dapat mencatat semua transaksi dengan cepat dan efisien, maka kamu dapat terbantu dalam pengelolaan keuangan. Aplikasi kasir ini akan memberikan perhitungan lengkap jumlah transaksi per hari, minggu, bulan bahkan tahun. Kamu dapat mengetahui kapan harus membeli uang untuk saham atau cabang bisnis lain.

5. Promosi bisnis
Tujuan utama memulai bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Untuk meningkatkan keuntungan ini, bisnis harus dikembangkan ke skala yang lebih besar. Dengan keunggulan aplikasi kasir seperti pencatatan transaksi, analisis keuangan, sistem keamanan dan lain-lain, mendukung operasional bisnis secara transparan.

6. Software penyimpan data
Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah kamu dapat menyimpan data dalam jumlah besar hingga ribuan, jutaan bahkan miliaran. Penyimpanan ini juga sangat nyaman, karena kamu dapat mengakses dan membuka data yang disimpan kapan pun dan di mana pun.
Menjalankan aplikasi ini tidak rumit karena dirancang untuk memudahkan penggunanya.

7. Modern dan kekinian
Menggunakan aplikasi kasir yang canggih seperti kasir cerdas dalam bisnis kamu dapat memberikan nuansa modern. Sehingga bisnis kamu terlihat segar dan memiliki nilai tambah tersendiri. Sekarang kamu sudah tahu, apa itu aplikasi kasir yang berguna untuk membantu kamu menjalankan dan mengelola bisnis. (*)

Update