Rabu, 10 Agustus 2022

Toyota Prius Akan Punya Model Baru

Berita Terkait

Ilustrasi: Toyota Prius. (AutoEvolution)

batampos – Cukup lama tak ada penyegaran, Toyota dilaporkan tengah mempersiapkan model terbaru yakni generasi kelima. Mobil hybrid dengan kombinasi mesin pembakaran internal dan tenaga listrik, Prius saat ini sudah sampai generasi keempat.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1997 silam, Toyota Prius generasi pertama adalah mobil hybrid pertama yang diproduksi secara massal. Prius kemudian menjadi salah satu mobil hibrida terlaris di seluruh dunia sampai saat ini.

Pabrikan otomotif asal Jepang itu diketahui biasa merilis Prius baru setiap enam tahun, dan tahun 2022 akan menjadi waktu untuk generasi baru.

Kendati Toyota masih bungkam tentang model terbaru Prius, dalam sebuah diskusi dengan Autocar, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk di Toyota Motor Europe Andrea Carlucci menegaskan bahwa Prius akan tetap menjadi bagian penting dari rencana elektrifikasi Toyota.

Dengan demikian, dengan Prius akan tetap menjadi ikon merek dan nama tersebut akan mempertahankan peran kunci dalam rencana elektrifikasi di Toyota, yang mencakup berbagai hibrida, hibrida plug-in, dan mobil bertenaga sel bahan bakar, selain mobil listrik penuh.

Carlucci menghindari memberikan rincian lebih lanjut tentang Prius masa depan, tetapi Toyota telah mengkonfirmasi sedang mengerjakan arsitektur E3 baru untuk mengakomodasi powertrain listrik, plug-in hybrid, dan full-hybrid.

Platform baru akan menggunakan elemen arsitektur GA-C yang ada, serta platform bZ yang akan datang. Kemungkinan inilah platform yang akan dibangun Prius generasi kelima.

Pilihan lainnya adalah menggunakan powertrain hybrid baru yang diluncurkan bersama dengan Corolla Cross baru, dengan mesin dan efisiensi yang diperbarui.

Prius berikutnya juga kemungkinan besar akan menggunakan jenis baterai baru, yang disebut sebagai “bipolar nickel-metal hydride battery“. Baterai jenis ini sudah diperkenalkan di Toyota Aqua yang dijual di pasar Jepang.

Keuntungan utama penggunaan baterai tersebut diklaim adalah output yang lebih besar dan peningkatan efisiensi dari sistem hybrid. Baterai yang sama kemungkinan akan ditemukan di seluruh jajaran mobil hybrid Toyota di masa depan.

Masih tentang Prius, di Tanah Air, mobil ini hadir sebagai armada taksi Bluebird alih-alih mobil penumpang produksi massal.

Kehadiran Prius sebagai taksi Bluebird yang menggunakan powertrain “semi listrik” dengan kombinasi mesin pembakaran internal melengkapi jajaran armada Bluebird yang ramah lingkungan. Sebelumnya, sudah ada mobil Tesla Model X dan BYD E6 yang hadir sebagai taksi listrik yang digunakan oleh Bluebird. (*)

Reporter : Jpgroup

Update