Rabu, 19 Juni 2024

Tips Membuat Toner dari Akar Wangi

Berita Terkait

Akar wangi (f: dreamtime.com)

batampos – Akar wangi selain dipakai sebagai aromaterapi, juga mulai banyak dipakai sebagai bahan krim dan infused water. Khasiatnya juga sudah dibuktikan melalui berbaiagi penelitian sebagai anti penuaan dini maupun meningkatkan kemmapuan daya ingat.

Menurut Guru besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS, akar wangi bisa dimanfaatkan sebagai toner yang bisa dibuat sendiri di rumah. Syaratnya, pilih produk akar wangi yang berkualitas berkualitas dan perhatikan dengan saksama aturan pakainya.

Berikut langkah-langkah membuat toner dari Akar Wangi:

1. Didihkan 300 ml air dalam panci. Tambahkan air dingin sedikit, irisan lemon, dan akar wangi, kemudian aduk.

Baca juga: Khasiat Akar Wangi, Anti Penuaan Dini, Anti Radang hingga Menyehatkan Otak

2. Diamkan beberapa jam tanpa diaduk. Kemudian saring, pisahkan airnya, dan tuangkan ke dalam botol semprot.

3. Gunakan langsung sebagai toner atau body mist (membantu menghilangkan sisa kotoran, mengencangkan kulit, dan memperkecil pori-pori).

Sebagai pengharum, akar wangi juga bisa dibuat sendiri di rumah. caranya, ambil akar wangi secukupnya, cuci bersih, lalu keringkan dengan bantuan sinar matahari.

Potong-potong, bungkus dalam kain kasa, gantungkan pada lemari pakaian sebagai pengusir serangga. Atau, gantungkan sebagai pengharum ruangan untuk mendapatkan ketenangan. (*)

Reporter: JPGroup

Update