Minggu, 7 Agustus 2022

Timbul Jerawat Saat Memakai Masker, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Berita Terkait

Ini Manfaat Habbatusauda untuk Kesehatan

Menyemai Putri Salju untuk Pemula

Ilustrasi: Jerawat pada wajah (Istimewa)

batampos – Jerawat yang timbul saat memakai masker (maskne) bisa terjadi. Apalagi bagi yang memiliki kulit sensitif. Namun karena masih suasana pandemi, memakai masker masih diwajibkan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

Maskne menurut Dokter Spesialis Kulit dari AS dr. Michelle Henry, MD FAAD, disebabkan oleh gesekan pakaian atau permukaan yang kotor atau berkeringat pada kulit. Dalam istilah medis, maskne disebut acne mechanicala.

”Pemakaian masker mengiritasi kulit, menyumbat pori-pori, dan kemudian mendapatkan sebum dan bakteri yang berkembang biak di bawah kulit,” jelas dr. Henry seperti dilansir dari Seventeen, Kamis (4/8).

”Mengenakan masker juga dapat menjebak kotoran dan minyak di pori-pori Anda, menyebabkan jerawat, atau memperburuk masalah kulit yang sudah ada sebelumnya,” tambahnya.

Akan tetapi penggunaan masker tetap penting karena Covid-19 masih ada. Berikut adalah tips terbaiknya untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh masker:

1. Pilih Bahan yang Tepat

Tiap hari mengganti kain yang berbeda mempengaruhi kulit dengan cara yang berbeda. Itulah sebabnya dr. Henry merekomendasikan penggunaan masker yang nyaman sehingga akan membantu mengurangi kelembapan yang mendorong pertumbuhan bakteri.

“Jika memilih masker kain, pilih yang terbuat dari katun 100 persen,” jelasnya.

Baca juga : Jangan Sepelekan Jerawat

2. Hindari Alas Bedak

Jika masih berjerawat, dr. Henry mengatakan bahwa mencampurkan alas bedak dengan masker yang berkeringat bisa memunculkan masalah. Alas bedak dapat menimbulkan minyak pada kulit.

“Sama sekali hindari memakai riasan di bawah masker. Minyak dalam riasan Anda dapat berkontribusi pada pori-pori tersumbat dan memunculkan jerawat yang menyakitkan. Kombinasi gesekan masker, lingkungan lembab yang diciptakan oleh masker, dan riasan tebal atau produk komedogenik dapat menyebabkan jerawat, ruam, dan iritasi. Pertimbangkan pelembab atau tabir surya dan hindari alas bedak berminyak,” jelasnya.

3. Hindari Skincare Berbasis Minyak

Jika Anda menerapkan rutinitas perawatan skincare kulit 9 langkah, cobalah menguranginya. Singkirkan produk berbasis minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Lewati pelembab tebal di siang hari dan pilih formula yang lembut dan lebih ringan.

Baca juga : Langkah Pertama Obati Jerawat Melalui Analisa yang Akurat

4. Hindari Retinol

Ia juga menyarankan untuk tidak menggunakan produk dengan retinol atau asam glikolat pada siang hari. Jika memabg menggunakan produk seperti retinol, atau asam glikolat, cobalah untuk hanya menggunakannya di malam hari saat sudah tak memakai masker.

5. Selalu Siap Tisu Pembersih

Untuk membantu menjaga minyak, Anda mungkin juga ingin menggunakan tisu pembersih untuk menyegarkan sepanjang hari. Karena remaja umumnya memiliki kulit lebih berminyak, bawalah tisu bebas minyak. Tisu pembersih wajah lembut yang nyaman dan telah dilembabkan ini secara menyeluruh membersihkan kulit dari bakteri, kotoran, dan minyak.

6. Pembersihan Ganda

Lakukan pembersihan malam hari ke dalam ritual perawatan kulit harian. Mencuci muka dua kali sehari sangat penting untuk kesehatan kulit.

“Bersihkan kulit dua kali sehari dengan pembersih lembut yang tidak menghilangkan kelembapan untuk menghilangkan minyak dan kotoran,” tutupnya. (*)

Reporter : JP Group

Update