Kamis, 25 April 2024

Tiga Kostum Terbaik Puteri Indonesia 2023

Berita Terkait

Peserta pemilihan puteri Indonesia 2023 asal DKI Jakarta 5, Fidelia berpose menggunakan kostum tradisional di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023). Fidelia ditemani oleh dua manekin yang didandani bak penari topeng Betawi (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

batampos – Dewa Wisnu, Penari Topeng, dan Gayatri, menjadi tiga Kostum Terbaik Puteri Indonesia 2023. Ke-45 kontestan Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2023 mengenakan kostum tradisional buatan desainer dalam negeri.

Acara yang digelar di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat, tampak meriah Minggu malam (14/5) lalu. Masing-masing kostum tradisional yang dikenakan mencerminkan budaya, flora, fauna, hingga sosok ternama khas tiap provinsi dalam acara besutan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mustika Ratu, Mustika Ratu Entertainment, dan Miss International Beauty Pageant itu.

Di akhir acara, terpilihlah 3 kontestan dengan kostum terbaik pilihan juri. Mereka adalah Anak Agung Sagung Istri Nanda Widya Saraswati (Bali), Fidelia Prabajati (DKI Jakarta 5), dan Yasinta Aurelia (Jawa Timur). Di malam puncak 19 Mei mendatang, akan diumumkan siapa di antara ketiganya yang meraih gelar Best Traditional Costume.

Baca Juga:Pentingnya Literasi Finansial untuk Rencana Masa Depan

Nanda, perwakilan Bali, tampil dengan kostum grande rancangan Gede Yudi Ardana Putra. Bertajuk The Power of Garuda Wisnu Kencana, kostum Nanda menarik perhatian dan sorakan penonton di Dome Senayan Park. Patung Dewa Wisnu bertengger di bagian pundak dan punggung Nanda. “Patungnya dari bahan daur ulang kertas dan sterefoam, terus dicat dengan cat khusus,” ujar Yudi saat dihubungi Senin malam (15/5).

Nanda mengenakan bodysuit hijau berbahan lycra yang dilukis dengan motif bulu burung beserta sayap dari busa. Dia tampak seperti Garuda, hewan sakti tunggangan Wisnu. Saat berada di ujung panggung, bagian leher patung Wisnu serta cakram yang dipegangnya bergerak berkat sistem robotik.

Kostum Fidelia tak kalah menarik. Tidak tampil sendiri, dia ditemani oleh dua manekin yang didandani bak penari topeng Betawi. Kostum rancangan Angga Arisman Ananta itu diberi nama The Legendary of Batavia Maskerspel. “Untuk kainnya, saya pakai batik motif tumpal pucuk rebung,” ujar Angga saat dihubungi Senin sore (15/5).

Fidelia, yang diapit kedua manekin berkostum serupa dirinya, memegang galah yang dihubungkan ke tangan manekin. Saat galah digerakkan, kedua manekin tampak bergoyang. Kostum Fidelia semakin memukau berkat headpiece berbentuk kapal dari bahan eva foam.

Sementara itu, Yasinta tampil sebagai Gayatri, sosok perempuan penting Kerajaan Majapahit. Kostum serba emas yang dikenakan perempuan asal Sidoarjo itu bernama The Queen Mother Gayatri Rajapatni, karya The Roxanne Art dan Aulia Rias Pengantin.

Bagian punggung kostum Yasinta dilengkapi dengan miniatur candi dan gapura. Saat melangkah di runway, miniatur tersebut bisa dibuka menyamping sehingga menampakkan Yasinta yang anggun dalam kostum keemasan. (*)

Reporter: jpgroup

Update