Rabu, 28 September 2022

Temuan Ilmiah, Kebiasaan Buruk Saat Sarapan Bisa Memperpendek Umur

Berita Terkait

Pasien Demensia Sebaiknya Dirawat Keluarga

Menjaga Jarak Kehamilan Itu Penting

Ilustrasi: Hanya mengosumsi kopi di pagi hari bisa membuat Anda merasa lapar. Minum kopi hitam sebelum sarapan dapat memiliki efek negatif pada kontrol gula darah. Menurut temuan studi tahun 2020 oleh para ilmuwan di University of Bath (UK). (dok. She Finds)

batampos – Temuan ilmiah menyebutkan ada 5 kebiasaan buruk saat sarapan yang dapat memperpendek umur.

Pakar kesehatan biasanya merekomendasikan sarapan untuk memulai hari. Bahkan bagi yang sedang mnejalankan diet sekalipun. Namun menu sarapan juga harus dipastikan sehat dan tidak menimbulkan risiko penyakit.

Sejumlah penelitian telah menyebutkan sarapan yang sehat dapat meningkatkan memori dan konsentrasi yang lebih baik hingga risiko yang lebih rendah terkena diabetes dan penyakit jantung. Tetapi ada juga pilihan sarapan dan gaya hidup yang tidak sehat yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Berikut 5 kebiasaan buruk saat sarapan yang memperpendek hidup Anda, secara ilmiah seperti dilansir dari News24, Rabu (14/9). Cobalah untuk menghindarinya.

1. Minum jus buah dengan pemanis buatan

Minum setengah gelas ekstra jus buah sehari dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 16 persen, seperti laporan studi Universitas Harvard tahun 2019. Data dari lebih dari 190 ribu pria dan perempuan dianalisis dalam penelitian ini.

Baca juga: Ingin Tubuh Lebih Langsing, Jangan Lewatkan Sarapan

“Hasil penelitian sejalan dengan rekomendasi saat ini untuk mengganti minuman manis dengan minuman non-kalori yang bebas pemanis buatan,” jelas penulis studi senior, profesor Frank Hu.

“Meskipun jus buah mengandung beberapa nutrisi, konsumsinya harus dibatasi,” ungkapnya.

2. Konsumsi Daging Olahan

Makan satu potong daging setiap hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal. Para peneliti dari studi tahun 2019 menemukan bahwa daging olahan, seperti sosis atau bacon, memiliki risiko lebih besar daripada daging merah.

Menurut temuan, makan 25 gram daging olahan meningkatkan risiko kanker kolorektal (usus besar) sebesar 20 persen. Kanker usus besar adalah salah satu dari tiga kanker teratas untuk pria dan perempuan di Afrika Selatan.

3. Buah Grapefruit

Buah jenis ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan. Ada beberapa obat umum yang berinteraksi dengan grapefruit. Misalnya, dapat menyebabkan interaksi obat dengan felodipine, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan menyebabkan penambahan berat badan. Entah itu karena kita tidak merasa lapar di pagi hari, atau kita ingin tetap di bawah selimut untuk beristirahat beberapa jam lagi. Meta-analisis ini menyimpulkan bahwa melewatkan sarapan meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Minum Kopi Hitam

Minum kopi hitam sebelum sarapan dapat memiliki efek negatif pada kontrol gula darah. Menurut temuan studi tahun 2020 oleh para ilmuwan di University of Bath (UK).

Penulis profesor James Betts mengatakan kontrol gula darah terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh kita adalah kopi, terutama jika kualitas tidur kurang baik. Apalagi jika ditambahkan dengan latte dan gula. (*)

Reporter : JPGroup

Update