Jumat, 7 Oktober 2022

Jadi Pemenang Termuda, Zendaya Torehkan Sejarah di Emmy Awards Ke-74

Berita Terkait

Zendaya. (Frazer/Getty Images/AFP)

batampos – Menjadi pemenang termuda, Zendaya menorehkan sejarah di Emmy Awards Ke-74 yang digelar di Microsoft Theater in Los Angeles pada Senin malam waktu setempat.

Zendaya memenangkan Outstanding Lead Actress in a Drama Series atas perannya sebagai Rue Bennett dalam serial HBO/HBO Max bertajuk Euphoria. Kemenangan itu mengantarkan Zendaya sebagai pemenang termuda kategori akting utama sebanyak dua kali di ajang Emmys.

Dia mengalahkan nama-nama besar dalam kategori itu. Yakni, Jodie Comer dan Sandra Oh (Killing Eve), Laura Linney (Ozark), Olivia Colman (The Crown), serta Jennifer Aniston (The Morning Show).

’’Untuk semua aktor yang luar biasa di kategori ini, aku merasa terhormat berada bersama kalian. Terima kasih atas cast yang luar biasa. Terima kasih telah membuat tempat yang aman untuk acara yang sangat sulit ini,’’ kata Zendaya yang malam itu tampil anggun dalam balutan gaun peplum hitam koleksi Valentino.

Baca juga: Perankan Marilyn Monroe di Film Blonde, Ana De Armas Merasa Terkesan

Dalam Euphoria yang kini memasuki dua musim, Zendaya berperan sebagai Rue, gadis pecandu narkoba yang baru keluar dari rehabilitasi. Dia terus mencari tempat yang membuatnya nyaman di dunia ini. Drama tersebut juga diwarnai kisah remaja SMA yang gelap.

Dalam pidatonya, Zendaya berharap Euphoria bisa membantu menyembuhkan orang-orang. ”Dan aku berterima kasih kepada semua yang telah berbagi cerita denganku. Aku ingin Anda tahu bahwa siapa pun yang mencintai Rue atau merasa dia adalah Rue, aku berterima kasih atas cerita Anda. Aku membawanya denganku dan aku membawanya dengannya (Rue, Red),” ujarnya.

Selain Zendaya, sejarah baru juga dicatat Jung-jae. Dia menjadi aktor Korea Selatan pertama dan aktor keturunan Asia pertama yang memenangkan Outstanding Lead Actor in a Drama Series berkat perannya di Squid Game (Netflix). Itu merupakan nominasi Emmys pertama bagi Jung-jae dan langsung dimenangkan olehnya.

”Terima kasih Netflix dan sutradara yang telah membuat masalah realistis yang kita semua alami dalam hidup dengan cara yang kreatif di layar serta skenario yang hebat dan visualisasi luar biasa. Terima kasih tim Squid Game,” ucap pemeran Seong Gi-hun tersebut.

Sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk juga membawa pulang piala Outstanding Directing for a Drama Series. Dengan begitu, Dong-hyuk menjadi sutradara Korea Selatan pertama yang memenangkan kategori itu.

Malam puncak ajang penghargaan insan TV itu juga diwarnai beragam aksi kocak. Misalnya, monolog pembuka oleh Kenan Thompson selaku host. Dia membawakan lelucon soal betapa pentingnya TV bagi dunia.

’’Jika bukan TV, apa yang akan kita lakukan saat senggang? Membaca buku? Tidak ada orang di ruangan ini yang membaca buku dalam 50 tahun terakhir. Menonton TikTok? Maksudmu TV kecil vertikal itu? Atau bercinta? Menjijikkan! TV-lah yang kita miliki,” tuturnya.

EMMYS 2022 DALAM ANGKA

  • Sebanyak 24 awards telah diberikan kemarin (13/9).
  • The White Lotus menjadi show yang paling banyak menang, yaitu dengan 5 penghargaan. Termasuk Outstanding Limited Series.
  • Posisi kedua ditempati Ted Lasso dengan 4 kemenangan. Sementara itu, di posisi ketiga ada Succession dengan 3 kemenangan.
  • HBO menjadi stasiun TV dengan kemenangan terbanyak, yakni 12. Disusul Apple TV+ sebanyak 4 dan Netflix dengan 3 kemenangan.
  • Succession menjadi serial dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Emmy Awards. Yakni, 25 nominasi. (*)

Reporter : JPGroup

Update