Sabtu, 4 Februari 2023

Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal Rekomendasi Otoklix

Berita Terkait

batampos– Tak banyak diperhatikan oleh pengemudi bahwa ukuran tekanan angin pada ban mobil sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan performa saat berkendara. Untuk itu, diperlukan ukuran ban yang ideal saat berkendara. Bila tekanan angin ban dirasa kurang Anda bisa menambahnya di bengkel terdekat.

Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Angin pada Ban Mobil yang Ideal
Salah satu perawatan mobil yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah mengecek tekanan angin pada ban mobil. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tekanan angin yang bagus dan ideal pada ban mobil. Setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan angin pada ban yang berbeda, hal ini tergantung pada jenis mobil dan ban yang digunakan oleh pabrikan.

BACA JUGA: Mesin Mobil Tak Ingin Ada Masalah, Jangan Telat Ganti Oli

Spesifikasi tekanan angin ban mobil yang ideal tentunya juga berbeda. Untuk mengetahui dengan tepat tekanan angin yang ideal pada ban mobil Anda, Anda dapat melihat area tulang sasis dan mencermati informasi tekanan ban (Tire-Loading Information) yang biasanya berada di frame pilar pintu pada bagian kanan mobil, tepatnya di samping pintu pengemudi.

Selain dengan cara di atas, perlu diketahui juga bahwa tekanan angin yang bagus dan ideal pada ban mobil juga dapat dipengaruhi oleh situasi dan faktor-faktor lainnya. Salah satu faktor tersebut adalah berat beban yang diangkut. Berat ini ditentukan oleh banyaknya penumpang juga bahan kerangka mobil yang digunakan. Semakin berat beban yang diangkut mobil, maka semakin besar pula tekanan ban yang dibutuhkan.

Faktor lainnya yang turut mempengaruhi kebutuhan tekanan angin pada ban adalah jenis mobil. Umumnya, mobil-mobil keluaran Indonesia memiliki besaran tekanan ban mobil 28 hingga 33 psi. Batas maksimum kebutuhan tekanan angin pada ban dapat Anda lihat pada bagian permukaan mobil.

Hindari penggunaan tekanan angin pada ban mobil yang melewati batas maksimum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pengecekan tekanan pada ban mobil disarankan dilakukan minimal setiap sebulan sekali secara rutin untuk menjaga performa ban. Karena biasanya, terjadi penurunan tekanan angin pada ban mobil dalam jangka waktu sebulan.

Tekanan angin pada ban mobil yang dianjurkan adalah 33 Psi atau 2,3 bar untuk keempat ban dengan profil ban 195/65 R15 dan 205/60 R16. Namun, semua dikembalikan lagi kepada ukuran ban dan jenis mobil yang digunakan.

Di bawah ini merupakan jenis mobil dan besaran tekanan angin yang bagus dan ideal untuk ban mobil:
Mobil City Car : (30 – 36) Psi
Mobil sedan : (30 – 33) Psi
Mobil MPV : (33 – 36) Psi
Mobil SUV : (35 – 40) Psi

Data di atas adalah rata-rata ukuran tekanan angin pada ban mobil. Ukuran tekanan angin pada ban mobil dapat berubah tergantung ukuran ban dan velg-nya. Sebagai pemilik mobil, Anda tentu ingin selalu memiliki mobil dengan kualitas yang juara. Untuk itu, merawat dan memperhatikan setiap bagian mobil bahkan sampai ke hal-hal terkecilnya adalah sebuah keharusan agar membuat performa mobil Anda tetap prima dan terjaga.

Dampak Tekanan Angin pada Ban Mobil Yang Tidak Ideal
Tekanan angin pada ban mobil harus ideal, tidak kurang dan tidak berlebihan. Karena selain dapat mempengaruhi kenyamanan, hal tersebut dapat memicu dampak negatif yang berbahaya baik bagi pengemudi atau penumpang meskipun berkendara dalam kecepatan lambat.

Kurangnya tekanan angin pada ban mobil dapat membuat beban di dalamnya meningkat beratnya menjadi dua kali lipat. Akibatnya, tarikan pada ban mobil menjadi lebih berat dan mobil harus bekerja lebih ekstra. Selain itu, ban mobil juga akan menjadi lebih lambat dan keras ketika melaju. Hal ini dapat dirasakan secara langsung oleh Anda sebagai pengemudi dan penumpang dari dalam mobil.

Tekanan angin yang kurang pada ban mobil juga dapat membuat kendaraan Anda mudah tergelincir, ban menjadi lebih cepat aus, fisik ban akan lebih cepat rusak, dan lebih parahnya dapat mengakibatkan resiko ban mobil Anda meledak. Bahaya tidak hanya mengincar ban mobil yang kekurangan tekanan angin, tetapi juga ban mobil yang tekanan anginnya berlebihan.

Beberapa bahaya seperti mobil sulit untuk dikendalikan ketika sedang melaju di kecepatan tinggi, pengereman mobil menjadi tidak maksimal, dan lain sebagainya yang dapat membuat mobil Anda tidak nyaman untuk dikendarai. Sementara itu, tekanan angin pada ban mobil yang berlebihan juga dapat merusak kondisi ban dan menimbulkan benjolan pada ban hingga dapat menyebabkan ban menjadi pecah.

Maka itu, untuk menghindari bahaya-bahaya di atas, pastikan tekanan angin pada ban mobil Anda berada pada posisi yang ideal, tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Anda bisa melakukan pengecekan tekanan ban mobil di bengkel ban terdekat lokasi Anda. (*)

Update