Rabu, 22 Mei 2024

Tanda Penuaan Dini bisa Dilihat dari Kulit yang Mudah Dehidrasi

Berita Terkait

Ilustrasi – Perawatan kulit dan wajah di KLT The Aesthetic Clinic Surabaya. (ANTARA/HO-KLT)

batampos – Kulit yang mudah dehidrasi bisa menjadi salah satu tanda penuaan dini pada kulit dan ini bisa terjadi saat seseorang mulai berusia 25 tahun.

“Para perempuan mungkin kerasa kalau dulu berminyak banget pas remaja. Tapi lama-lama usia 25 tahun, 30 tahun kulit jadi semakin cenderung kering, lebih gampang dehidrasi, kurang air dan itu memang tanda penuaan juga,” kata  Pakar dermatologi dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D , Kamis (8/6).

Kulit yang dehidrasi biasanya ditandai dengan kulit terasa kering dan gatal, kusam, serta menjadi kurang elastis yang biasanya disebabkan tubuh kekurangan cairan.

Kondisi ini sebenarnya bukan satu-satunya tanda penuaan dini. Tanda penuaan dini kulit lainnya termasuk munculnya noda hitam akibat rusaknya respon melanin.

Menurut Claudia, kandungan retinol dapat mengatasi penuaan dini, namun penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko iritasi.

Penelitian Portland State University (2020) menunjukkan bahwa penggunaan retinol yang berlebihan dan tidak tepat dapat menyebabkan iritasi seperti kulit memerah hingga pengelupasan kulit yang berlebihan.

Claudia lalu menuturkan, karena produk dengan retinol biasanya membutuhkan waktu penyesuaian dalam pemakaiannya dan harus disertai dengan penggunaan bersama tabir surya.

BACA JUGA:Kualitas Udara yang Bisa Berpengaruh Negatif bagi Kesehatan Kulit

Berbicara lebih lanjut tentang kondisi kulit, dalam kesempatan itu, Product Group Manager Pond’s Essy Prita Cinta mengingatkan perempuan khususnya pada usia 25 tahun mengalami penurunan elastisitas kulit akibat pertambahan usia.

Faktor-faktor seperti polusi, paparan sinar UV dengan skala indeks di atas 5, kurangnya waktu tidur, nutrisi yang buruk, merokok dan stres mempercepat munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Oleh karena itu, sambung dia, pada usia ini, perempuan membutuhkan perawatan kulit yang lebih intens serta efektif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan masalah kulit lain.

Essy juga menuturkan pentingnya kaum hawa untuk melakukan perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang efektif mengatasi penuaan dini.

Berdasarkan Penelitian Journal of Drugs in Dermatology (2022) kandungan retinol telah dipercaya selama puluhan tahun sebagai bahan aktif yang dapat merangsang produksi kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan niacinamide juga mendukung peran retinol dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah. ***

reporter: antara

Update