Rabu, 17 Agustus 2022

Tamana Kastuba-Cemara Norfolk Bisa Jadi Hadiah Nataru

Berita Terkait

ILUSTRASI: Aneka tanaman hias di Jalan Yos Sudarso, Batuamar, Batam, Kamis 28 Januari 2021, F Suprizal Tanjung, Batam Pos

batampos – Buah tangan atau hadiah kian beragam. Tak mesti makanan atau barang pecah belah. Untuk momen Natal dan Tahun Baru, banyak pula yang mengirim hadiah berupa tanaman. Tak hanya berbeda, tapi juga bermanfaat lebih bagi penerima hadiah. Yakni, rumah jadi kian asri.

Kastuba menjadi primadona untuk hadiah Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain kastuba, cemara norfolk, dan bunga desember termasuk tanaman yang dijual sebagai hamper Nataru.

Rulant Palupy, pemilik Rulant Plants, mengatakan, warna merah meriah kastuba menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggannya. ”Kastuba the most request hampers Nataru,” ungkap dia. Setelah itu, baru cemara norfolk. Tanaman jenis tersebut biasanya menjadi pajangan semi-indoor. ”Misalnya, kalau di dalam rumah, diposisikan dekat jendela,” terangnya.

Kelebihan cemara norfolk adalah bisa dijadikan aksesori atau hiasan.

’’Tanaman itu memang pas disimpan di berbagai ruangan. Utamanya di ruang keluarga. Sangat pas bagi yang lebih banyak berkumpul bersama keluarga saat Natal nanti,’’ paparnya.

Namun, Rulant mengingatkan, cemara norfolk membutuhkan banyak air sehingga harus lebih sering disiram. ”Kalau tidak sehari sekali, minimal dua hari sekali,” imbuhnya.

Walau mirip dengan cemara biasa, cemara norfolk memiliki ciri khas. Sesuai namanya, cemara norfolk merupakan tanaman tropis endemik dari Pulau Norfolk.

“Bunga Desember juga masuk dalam paket hamper s Nataru. Berbeda dengan cemara norfolk, bunga desember lebih cocok disimpan di luar rumah atau outdoor. Namun, pastikan tidak langsung tersorot sinar matahari,” terang Rulant.

Menurut dia, tempat yang paling pas untuk menyimpan bunga desember adalah outdoor yang teduh.

”Teras rumah biasanya. Teras beratap. Itu dia senang banget di situ,” ujarnya.

Bagi yang memiliki ruang berlebih di teras rumah atau tempat outdoor teduh lainnya, bunga desember bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah hiasan.

“Kalau masih bingung, saya siap dihubungi untuk berbagi tips,” lanjutnya.

Rulant tidak ingin ilmu yang dia punya hanya untuk diri sendiri.

”Selama saya ada ilmunya, kalau orang tanya, akan saya jelaskan,” imbuhnya.

Jadi, yang belum terlalu paham tanaman dan ingin mulai menghias rumah dengan tanaman hias tidak perlu sungkan bertanya.

BACA JUGA: Serunya Libur Akhir Tahun di Harris Resort Waterfront

”Karena saya punya ilmunya, apa salahnya berbagi,” ucapnya. Itu pula yang membuat dia lebih dekat dengan para pelanggannya.

Rawat Si Cantik
1. Cemara norfolk termasuk tanaman semi-indoor. Dia bisa ditempatkan di dalam ruangan. Yang penting, posisinya di dekat jendela.

2. Namun, cemara norfolk membutuhkan banyak air sehingga harus lebih sering disiram. Sehari sekali atau minimal dua hari sekali.

3. Bunga Desember lebih cocok disimpan di luar rumah. Asalkan tidak langsung tersorot sinar matahari. Misalnya, di teras rumah atau spot outdoor yang teduh. (*)

Reporter: JP Group

Update