Senin, 3 Oktober 2022

Sutradara MV SNSD Dituding Plagiasi Logo

Berita Terkait

Ini 5 Etika Berwisata bagi Pelancong

Tur Kerajaan Ternyata Anggota Kerajaan Dapat Gaji

Logo 15 tahun yang digunakan dalam video klip sama dengan logo 15 tahun DisneySea Tokyo. (Soompi)

batampos – Sutradara MV SNSD dituding plagiasi logo. Logo 15 tahun yang digunakan dalam video klip sama dengan logo 15 tahun DisneySea Tokyo.

Dengan karyanya yang dianggap plagiat ini, sutradara MV SNSD minta maaf. Permintaan maaf Sutradara Shin Hee-won dilakukan atas isu plagiasi logo dalam klip Forever 1.

Senin (15/8) Hee-won mengungkapkan klarifikasinya lewat storieswetell, akun Instagram rumah produksinya. Dia meminta maaf kepada SNSD dan SM Entertainment atas kontroversi yang ditimbulkannya.

Hee-won mengakui, dirinya mencari inspirasi untuk Forever 1 secara daring. Dia tak hanya menyutradarai, tapi juga turun tangan dari tahap persiapan hingga merancang desain set. ”Terkait hal itu, aku merasa sangat malu dan meminta maaf karena meminjam desain tanpa izin,” ungkapnya.

Hee-won mengaku setelah menemukan gambar yang dirasa pas, ia segera menggunakan desain itu tanpa melakukan pengecekan ulang sumber orisinal gambar tersebut.

Baca juga: “Decision to Leave” Terpilih jadi Wakil Korea Selatan di Oscar 2023

”Kami baru meninjau ulang dan mengetahui bahwa itu adalah desain emblem perayaan ulang tahun ke-15 DisneySea Tokyo. Aku meminta maaf dengan tulus karena menggunakan desain itu tanpa melakukan riset atau konfirmasi terlebih dahulu,” lanjut perempuan yang juga menyutradarai klip video Pretty U milik Seventeen dan Lotto-nya EXO itu.

Di salah satu adegan di klip video, muncul set yang mirip dengan logo perayaan 15 tahun theme park DisneySea Tokyo yang dirilis pada 2016.

Hee-won menjelaskan, dirinya akan melakukan riset lebih detail dan hati-hati lagi di masa mendatang. Hingga kini, belum ada keterangan dari SM Entertainment maupun SNSD terkait dengan isu tersebut.

Girl group pelantun Gee itu kini tengah menikmati rekor dari album terbaru mereka, FOREVER 1. Mengutip data Hanteo Chart, album ke-11 SNSD itu terjual hingga lebih dari 186 ribu eksemplar dalam sepekan pertama penjualan. Bahkan, di hari pertama rilis album fisik pada 8 Agustus lalu, penjualannya sukses menembus lebih dari 100 ribu kopi.

Catatan itu lebih tinggi daripada album ke-10 mereka, Holiday Night, yang rilis lima tahun lalu. Pada 2017, SNSD mencatat penjualan hingga lebih dari 90 ribu kopi dalam sepekan pertama penjualan. (*)

Reporter : JPGroup

Update