Kamis, 8 Desember 2022

Saran Ridwan Kamil ke Baim Wong, Biarkan Tetap Slebew

Berita Terkait

ILUSTRASI: Citayam Fashion Week (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

batampos – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberi saran ke Baim Wong, pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week cabut saja. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.

Ridwan Kamil mengirimkan surat terbuka yang ditujukan kepada Baim Wong setelah adanya klarifikasi darinya terkait pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Kang Emil meyarankan supaya Baim Wong mencabut pendaftaran yang telah diakukannya melalui PT. Tiger Wong Entertainment terhadap Citayam Fashion Week di DJKI.

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” kata Ridwan Kamil dalam surat terbuka ditujukan untuk Baim Wong di Instagram-nya.

Kang Emil memulai surat terbuka untuk Baim Wong dengan sangat menarik. Dia menyatakan tidak semua hal di dunia ini harus dilihat dari sisi komersial atau hitung hitungan bisnis yang akan mendatangkan keuntungan materi.

Baca juga:Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week ke DJKI

“Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula. Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” kata Ridwan Kamil.

Kang Emil lebih setuju Citayam Fashion Week dibiarkan saja menjadi sebuah cerita yang lahir, tumbuh dan besar di jalanan. “Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” lanjutnya.

Ridwan Kamil berpandangan, Citayam Fashion Week yang tumbuh dan kini terus membesar tidak harus diartikan sebagai aktivitas yang mendatangkan keuntungan materi. Ada kalanya event seperti parade busana di Dukuh Atas, Jakarta dibuat sebagai wadah tempat berekspresi bagi mereka yang tidak mendapat tempat aktualisasi diri dengan baik selama ini.

“Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” kata Ridwan Kamil.

Kang Emil pun menyatakan, Baim Wong dan Paula Verhoeven termasuk sosok hebat dengan kerja-kerja luar biasa. Akan tetapi dia kurang setuju apabila pasangan suami istri tersebut terlalu ambil inisiatif dalam Citayam Fashion Week. Karena Baim Wong dan Paula Verhoeven termasuk orang luar.

Sebelumnya, Baim Wong menyampaikan klarifikasi sekaligus penjelasan kenapa dirinya mendaftarkan Citayam Fashion Week ke DJKI. Dia menyebut hal itu dilakukan untuk keberlangsungan CFW dalam jangka panjang ke depan. Baim Wong ingin parade busana jalanan yang menjadikan zebra cross sebagai panggung catwalk tetap ada andai suatu saat nanti gelaran Citayam Fashion Week dilarang pelaksanaannya oleh Pemprov DKI atau aparat kepolisian.

“Semua itu saya lakuin bukan untuk kepentingan pribadi. Tujuan besarnya lebih untuk kalian. Lebih untuk Indonesia. Saya peduli dengan negara saya. Sebisa mungkin saya melakukan yang menurut saya bisa saya lakukan,” aku Baim Wong. (*)

Reporter: jpgroup

 

Update