Minggu, 5 Februari 2023

Sapu Bersih Posisi 3 Besar, NewJeans Samai Rekor BIGBANG dan 2NE1

Berita Terkait

REKOR: NewJeans menyapu bersih tiga besar chart Melon periode 9–15 Januari. (Ador Entertainment)

batampos– Sapu Bersih posisi 3 besar untuk 9–15 Januari di chart Melon, NewJeans menyamai rekor BIGBANG dan 2NE1. Chart Melon merupakan layanan streaming musik Korea.

Dalam data yang dirilis, Selasa (17/1), dua lagu baru, Ditto dan OMG, serta Hype Boy menduduki peringkat 1–3 secara berurutan.

Catatan tersebut membuat girlband asuhan ADOR Entertainment itu mengikuti jejak BIGBANG dan 2NE1.

Mereka menjadi grup ketiga yang mencetak rekor ’’sapu bersih’’ di tangga lagu mingguan Melon.

Baca juga: Susul Member Lain, Jimin BTS Segera Debut Album Solo

Pada 2010, 2NE1 mencatat raihan itu lewat album 21. BIGBANG mengikuti jejak rekan seagensinya itu pada 2015 dengan BANG BANG BANG, We Like 2 Party, dan Loser.

Uniknya, tiga grup itu sama-sama memiliki empat lagu yang mampu menembus Top 10. Selain mengisi posisi 1–3, BIGBANG, 2NE1, dan NewJeans punya lagu yang menduduki peringkat 7.

Pekan lalu ada Attention, single debut girlband yang beranggota lima orang tersebut. Sementara itu, pada 2010, 2NE1 diwakili ballad It Hurts. Disusul BIGBANG dengan Bae Bae pada 2015.

OMG –album single yang terdiri atas OMG dan single prarilis Ditto– mencatat rentetan rekor sejak dirilis awal Januari lalu. Di hari pertama penjualan, Hanteo Chart menyebut penjualan single album itu mencapai lebih dari 480 ribu kopi. Itu belum termasuk angka stok pre-order yang mencapai 800 ribu kopi. Penjualan digitalnya pun tinggi.

Di chart real time layanan streaming Korea, OMG dan Ditto berada di dua posisi tertinggi. Lagu itu sekaligus memuncaki chart iTunes di sembilan negara pada hari pertama rilis.

Pekan lalu, Ditto juga masuk 10 besar tangga lagu Global 200 dan Global (Excl. US Chart) Billboard. Pada Desember 2022, single itu mengantarkan mereka meraih all-kill, alias menguasai peringkat pertama di seluruh layanan streaming musik Korea, untuk kali pertama.

Sejak debut, girlband yang beranggota Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein itu langsung menyita perhatian publik. NewJeans tidak cuma ’’besar’’ di industri musik. Beberapa personel juga mulai dilirik brand fashion ternama dunia.

Akhir Desember 2022, Hyein dikonfirmasi menjadi brand ambassador Louis Vuitton. Sementara itu, awal bulan ini, Danielle ditunjuk Burberry, rumah mode asal Inggris, sebagai brand ambassador global. (*)

Reporter: jpgroup

Update