Rabu, 30 November 2022

Sansevieria dan Monstera Jadi Hamper Cantik untuk Lebaran

Berita Terkait

HAMPER CANTIK: Mega Puspita menunjukkan beberapa tanaman yang kerap dipesan menjadi hantaran untuk kerabat atau kolega. Di antaranya, Sansevieria, Syngonium, Begonia, Aglonema, hingga Monstera. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

batampos – Sansevieria dan Monstera bisa dijadikan hamper yang cantik untuk momen Lebaran. Hantaran untuk teman dan kerabat saat ini lebih variatif. Bahkan tanaman hias pun bisa dijadikan hamper. Sansevieria dan Monstera yang laris manis.

Ide hamper tanaman ini direalisasikan oleh Mega Puspita. Katanya, sekitar 1,5 tahun lalu, dia hendak memberikan kado untuk seorang temannya. Mega sempat bingung memberi kado apa, hingga akhirnya dia memutuskan untuk memberi tanaman hias yang dibentuk hamper. Sebab, kawannya itu pencinta tanaman hias.

“’Setelah itu, saya coba buat satu dan diiklankan di Instagram Kebun Inces,” tuturnya kepada Jawa Pos Kamis (21/4). “Ternyata, teman-temannya sesama pencinta tanaman hias tertarik dan berminat untuk dibuatkan juga,” lanjutnya.

Mega pun mulai membuatkan hamper tanaman hias sesuai dengan bujet kantong pengguna jasanya. Harganya bergantung jenis tanaman, ukuran tanaman, dan jumlah daun dari tanaman yang akan dibuat hamper. ’’Jenis tanamannya bebas, sesuai bujet customer. Untuk jasanya, mulai Rp 35 ribu saja,’’ ungkapnya.

Beberapa tanaman yang sering dipesan sebagai hamper adalah Sansevieria, Syngonium, Begonia, Aglonema, hingga Monstera. “Yang paling laris adalah Sansevieria mini dan Monstera,” terangnya.

Sansevieria laris karena merupakan tanaman paling terjangkau untuk dibuat hamper. Satu hamper tanaman Sansevieria dibanderol Rp 100 ribu saja, sudah lengkap dengan hiasan dan kartu ucapan.

HAMPER CANTIK: Mega Puspita menunjukkan beberapa tanaman yang kerap dipesan menjadi hantaran untuk kerabat atau kolega. Di antaranya, Sansevieria, Syngonium, Begonia, Aglonema, hingga Monstera. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

Sansevieria juga banyak dipesan karena manfaatnya. Tanaman yang juga dikenal dengan nama lidah mertua itu dapat menyerap polusi. “Untuk yang ukuran mini, bisa ditaruh di meja dan dalam ruangan, sedangkan yang besar bisa ditaruh di sudut-sudut ruangan atau teras,” ujar Mega.

Sementara itu, meskipun paling mahal, Monstera juga kerap dipesan sebagai hamper. Saking seringnya dipesan, Mega menyebutnya best seller. Bahkan, Mega mengaku pernah membuat hamper Monstera king yang ukurannya bisa mencapai 50 sentimeter. Sampai-sampai, customer yang memesan harus datang sendiri ke Kebun Inces di Jalan Kebonsari 2 untuk mengambil hamper Monstera king tersebut.

Sesuai permintaan customer, hamper biasanya disusun dari satu pot atau lebih. Tanaman besar biasanya hanya satu pot, sedangkan tanaman-tanaman yang lebih kecil bisa sampai empat pot. Tanaman-tanaman itu biasanya dihias dengan kain tile atau kain flanel serta pita sebagai hamper, bergantung pesanan.

HAMPER CANTIK: Beberapa tanaman yang kerap dipesan menjadi hantaran untuk kerabat atau kolega. Di antaranya, Sansevieria, Syngonium, Begonia, Aglonema, hingga Monstera. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

Tren tanaman hamper, lanjut Mega, berbeda-beda setiap musimnya. Pada awal membuka layanan hamper tanaman hias, yang paling banyak dipesan adalah Syngonium karena variasinya yang banyak. Sering kali satu hamper berisi beberapa jenis Syngonium. Kemudian, tren pesanan juga bergantung siapa yang memesan. “Ibu-ibu biasanya suka yang rimbun seperti kuping gajah. Anak muda suka tanaman-tanaman kecil. Sementara itu, plant lovers biasanya pilih tanaman besar,” jelas Mega.

Menjelang Lebaran ini, Mega mengaku jumlah pesanan meningkat dua kali lipat. Pada bulan-bulan normal, dia biasa menerima 20–25 pemesan. Seorang pemesan bisa lebih dari satu tanaman. Sansevieria masih menjadi favorit jelang Lebaran ini. ’’Kemarin saya stok 20 tanaman, sekarang tinggal satu,’’ ungkapnya. (*)

Reporter : JP Group

Update