Kamis, 11 Agustus 2022

Penulis Novel Lupus, Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia

Berita Terkait

Penulis Novel Lupus Hilman Hariwijaya semasa hidup bersama keluarganya. (Instagram @thehilmanhariwijaya)

batampos – Penulis novel Lupus yang juga penulis naskah skenario, Hilman Hariwijaya, meninggal dunia Rabu (9/3) pagi sekitar pukul 08.02 WIB dalam usia 57 tahun.

Mona Ratuliu selaku sahabat Hilman Hariwijaya juga pemain sinetron Lupus Milenia mengabarkan kabar duka ini melalui postingannya di Instagram.

Perempuan yang berulang tahun tiap tanggal 31 Januari itu turut sedih usai mendengar kabar tak sedap tersebut. “Innalillahinwainailaihi rajiun. Selamat jalan kesayangan @thehilmanhariwijaya , patah hati banget dapet kabar pagi ini,” tulis Mona Ratuliu.

Baca juga: Nafa Urbach Banyak Lihat Makhluk Halus dan Rela Makan Daging Mentah

Mengenang Hilman Hariwijaya, dia menyatakan semasa hidup almarhum cukup produktif dalam menulis. Mona Ratuliu bahkan menyebut Hilman sebagai penulis sejati. Sepanjang hidup didedikasikannya untuk menulis.

“Bahkan saat kita berkali-kali reunian, hilman ttp ikutan kumpul sambil nulis. Selain Lupus, banyak banget sinetron hits yang seliweran di tv itu penulisnya adalah sang legenda,” lanjutnya.

“Man, kita bakal kangen banget sama lo. Duh, mendadak hampa hati gw pagi ini. Istirahat ya man, lo udah sembuh sekarang. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu,” tutup Mona Ratuliu.

Istri Hilman Hariwijaya, Nessa Sadin juga mengungkapkan duka di halaman Instagramnya. “Innalillahi wainnaillahi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya
Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum,” tulis Nessa pada keterangan foto yang diunggahnya.

Hilman Hariwijaya adalah penulis novel Lupus yang disukai banyak orang pada dekade 80-an. Buku ini diterbitkan perdana pada tahun 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Judul bukunya sempat disebut-sebut sebagai plesetan dari film Kejarlah Daku Kau Kutangkap. Kendati demikian, secara cerita sama sekali berbeda atau tidak berhubungan.

Novel Lupus terbukti laku keras di era tahun 80-an. Buku ini kemudian diadaptasi jadi film layar lebar berjudul Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Selain itu, novel ini juga diangkat ke layar kaca beberapa kali. Salah satunya adalah sinetron berjudul Lupus Milenia yang dibintangi oleh Irgy Fahrezy, Mona Ratuliu, Agnes Mo dan Nenny Triana.(*)

Reporter: JP Group

Update