Rabu, 10 Agustus 2022

Objek Wisata Maya Bay di Thailand Kembali Dibuka

Berita Terkait

Seorang turis mengabadikan foto di Maya Bay, Thailand, sebelum kebijakan pemulihan ekosistem diberlakukan. Otoritas Wisata Thailand kembali membuka objek wisata Maya Bay sejak 3 Januari 2022 lalu sebagai bagian dari pemulihan ekonomi negeri dari sektor pariwisata. ( F Athit Perawongmetha/Reuters)

batampos – Thailand kembali membuka objek wisata pantai Maya Bay di Pulau Phi Phi sejak Senin (3/1/2022). Setelah lebih dari dua tahun ditutup, lokasi film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio pada 2000 itu kembali dibuka sebagai upaya pemulihan ekonomi negeri dari sektor pariwisata.

Maya Bay tidak diperuntukkan bagi turis sejak 2018 lalu. Alasan utamanya yakni ditutup setahun untuk pemulihan ekosistem di kawasan Phi Phi Lei itu. Namun, kembali diperpanjang setelah pandemi Covid-19 melanda, dimana lockdown terjadi di berbagai negara.

Maya Bay ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Thailand di Laut Andaman, Provinsi Krabi. Pemandangannya indah. Laut biru bergradasi toska yang dikelilingi tebing karst. Ada juga taman mangrove dan destinasi wisata Pulau Kao Phing Khan atau James Bond Island di sekitarnya. Di sini, para turis bebas berjemur, snorkeling atau hanya sekedar memandang dari atas kapal.

Selain dari Krabi, Maya Bay ini juga bisa diakses dari Pulau Phuket. Paket wisata Phi Phi Islands termasuk kunjungan ke Maya Bay dan Pulau Phi Phin Don ini sudah bisa kembali didapatkan para turis mulai awal 2022 ini.

“Sejak pemulihan ekosistem, ikan hiu sudah mulai berdatangan, terumbu karang sedang bertumbuh dan air lautnya sudah mulai jernih lagi. Ini menunjukkan, alam akan pulih jika kita memberikannya waktu. Kita harus berusaha menjaga dan merawatnya,” ujar Gubernur Badan Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn seperti dilansir dari Reuters, Selasa (4/1/2022) waktu setempat.

Meski dibuka untuk umum, namun Otoritas Pariwisata Thailand di Krabi hanya membatasi 375 turis yang berkunjung dalam waktu bersamaan. “Berenang dan berjemur pantai belum diperbolehkan hanya memandang saja,” ujar Yuthasak.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda berbagai negara di dunia, sektor pariwisata menyumbang 12 persen pendapatan bagi perekonomian Thailand. Setiap tahun, rata-rata 40 juta kunjungan turis hingga 2019. Namun terjun bebas hingga 96 persen sejak pandemi melanda. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak

Update