Minggu, 21 Juli 2024

Mulai Tahun Depan Tes HPV DNA untuk Deteksi Kanker Serviks Gratis di Tanah Air

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Ilustrasi: Kanker serviks (Dok.JawaPos.com)

batampos – Mulai tahun depan tes HPV DNA untuk mendeteksi kanker serviks bakal digratiskan di tanah air. Tes ini akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini ujicoba HPV DNA test dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta, yaitu Jakarta pusat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Warga dapat melakukan tes tersebut secara gratis di seluruh Puskesmas yang ada di ibu kota.

“Di DKI pun tidak terbatas yang KTP DKI, tapi semua yang datang ke Puskesmas kecamatan di DKI,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi saat dihubungi JawaPos.com, Kami (25/5).

Ditegaskan Nadia tes HPV DNA akan dilakukan mulai tahun depan samnil menunggu hasil ujicoba 5 kota di Jakarta tersebut. “Rencananya dari awal tahun sambil menunggu hasil uji coba,” katanya.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kanker pada Anak yang harus Diwaspadai

Ia mengatakan, tes HPV DNA ini diperuntukkan bagi perempuan usia 30-50 tahun yang sudah menikah.

Tes HPV DNA ini berkesinambungan dengan vaksinas HPV yang diberikan secara gratis mulai tahun ini secara merata di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa program pemberian vaksinasi HPV secara gratis akan diberikan secara gratis di tahun ini secara merata di seluruh Indonesia. Hal itu untuk mencegah kasus kanker leher rahim (kanker serviks) pada wanita.

Ia mengatakan, vaksin HPV dapat diberikan kepada anak perempuan mulai kelas 5 dan 6 SD. Selain vaksinasi, Budi juga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan program percontohan untuk pemeriksaan kanker serviks menggunakan metode HPV DNA Test.

“Hal ini kita dilakukan karena ke depannya akan ada tambahan program pengembangan metode Genome Sequencing di 38 Laboratorium Kesehatan Masyarakat di Indonesia,” ujar Budi, Kamis (25/4). (*)

Reporter: JPGroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan