Jumat, 1 Maret 2024

Mudah Lapar Saat Hujan Tiba, Begini Penelitian Ilmiahnya

Berita Terkait

Saat musim hujan biasanya jadi cenderung mudah lapar. (freepik.com/freepik)

batampos – Mudah lapar saat hujan ternyata hal yang biasa. Ini respon tubuh supaya tetap hangat di tenaga hawa dingin.

Dikutip dari Eating Well pada Kamis (1/2), saat udara dingin tubuh perlu menggunakan lebih banyak energi untuk tetap hangat di lingkungan yang lebih dingin.

Selain itu, hormon yang memicu rasa kenyang pada tubuh juga memengaruhi nafsu makan kita ketika udara dingin.

Penelitian di Nutrition & Metabolism pada 2019 merilis hasil bahwa kadar hormon leptin lebih tinggi pada suhu hangat, tetapi lebih rendah saat suhu dingin.

Baca juga: Simpel dan Padat Gizi, Resep Egg Chiffon Rice untuk Menu Sarapan

Tak hanya itu, ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Neuroscience menjelaskan, perubahan cahaya di musim dingin juga memengaruhi tingkat sirkulasi banyak hormon.

Kadar leptin dan ghrelin yang membuat rasa lapar mengalami perubahan saat cuaca berganti. Kadar leptin akan meningkat di musim dingin, sementara kadar ghrelin menurun.

Saat hujan dan udara dingin tubuh akan memberikan sinyal lapar agar kita segera makan, karena proses makan dan mencerna makanan dapat meningkatkan subuh pada tubuh.

Jadi wajar ketika tubuh memberikan sinyal agar kita makan lebih banyak, hal ini merupakan cara untuk membuat tubuh kita tetap hangat.

Makan saat musim hujan

Sebagian orang rela menahan rasa lapar untuk mencegah makan berlebih dan menyebabkan berat badan melonjak naik.

Daripada melawan rasa lapar saat musim hujan, untuk mencegah makan makanan berlebih sebaiknya kamu menerapkan mindful eating.

Baca juga: 5 Asupan Nutrisi Seimbang

Mindful eating merupakan makan dengan penuh kesadaran ini artinya kamu menikmati makanan yang kamu makan dan hanya fokus pada makanan kamu.

Fokus dengan apa yang kamu makan membuat kamu merasa lebih kenyang di tengah kondisi udara yang dingin.

Saat udara dingin ada baiknya pilih makanan yang hangat karena makanan hangat membantu menjaga suhu tubuh kamu tetap tinggi.

Tak hanya itu, pastikan saat musim hujan kamu banyak minum air putih. Air putih penting untung menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama musim hujan. (*)

Sumber: Jpgroup

Update