
Dengan target besar merebut kembali gelar juara umum yang terakhir mereka raih pada 2022, Tim Mitsubishi Ralliart bersiap menghadapi reli terberat di kawasan Asia Tenggara yang akan digelar di Thailand pada 8–16 Agustus 2025.
Tahun ini, AXCR menandai perhelatan ke-30 sejak pertama kali digelar, dan menjadi yang paling menantang sepanjang sejarah. Jarak tempuh diperpanjang menjadi sekitar 2.500 kilometer selama 8 hari, melintasi pegunungan, hutan tropis, jalur berlumpur, hingga sungai-sungai deras di Thailand.
Kombinasi Teknologi dan Pengalaman
Tim Mitsubishi Ralliart mendapat dukungan penuh dari para insinyur Mitsubishi Motors, baik dalam pengembangan Triton rally car maupun selama kompetisi berlangsung.
Ketiga kendaraan telah mengalami penyempurnaan signifikan, mulai dari peningkatan torsi mesin, penguatan sasis, hingga penyesuaian suspensi dan sistem pengereman untuk menghadapi berbagai jenis medan ekstrem.
Hiroshi Masuoka, mantan juara Dakar dan kini menjadi Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, mengungkapkan optimisme tim tahun ini.
“Triton terbaru menunjukkan performa luar biasa di segala medan – dari kecepatan tinggi, trek teknis, hingga medan ekstrem seperti lumpur dan sungai. Dengan peningkatan torsi dan daya tahan, serta tim yang semakin solid, kami siap untuk merebut kembali gelar juara umum,” ujarnya.

Line-up pembalap tahun ini terdiri dari kombinasi pengalaman dan potensi muda. Berikut formasi lengkapnya:
•Chayapon Yotha & Peerapong Sombutwong (Thailand)
Juara AXCR 2022 yang kini kembali untuk mengejar podium tertinggi dengan spesifikasi kendaraan yang ditingkatkan.
•Katsuhiko Taguchi & Takahiro Yasui (Jepang)
Taguchi adalah pereli kawakan, peraih dua gelar FIA Asia-Pacific Rally Championship, dan tahun lalu finis kelima di AXCR.
•Kazuto Koide & Eiji Chiba (Jepang)
Koide adalah test driver Mitsubishi Motors, bertugas menguji teknologi masa depan yang akan diterapkan ke model produksi. Ia akan menggunakan Triton bertransmisi otomatis, sekaligus bertugas mendukung rekan satu tim dalam strategi balapan.
Spesifikasi Triton Rally Car: Kombinasi Kekuatan dan Ketangguhan
Ketiga Triton yang digunakan memiliki spesifikasi teknis canggih, di antaranya:
•Mesin: 4N16 4-silinder turbo diesel 2.439 cc
•Tenaga: Lebih dari 160 kW | Torsi: Di atas 500 Nm
•Transmisi: Manual sequential 6-percepatan & otomatis 6-percepatan
•Penggerak: Super Select 4WD-II dengan LSD depan-belakang dari CUSCO
•Suspensi: Independent double-wishbone di depan dan 4-link rigid di belakang dengan peredam kejut CUSCO
•Ban: Yokohama GEOLANDAR M/T G003 ukuran 245/75R17
•Fitur khusus: Panel serat karbon di kap mesin, fender, dan pintu untuk menurunkan bobot dan meningkatkan ketahanan
Didukung Mitra Strategis dan Teknologi Balap Terdepan
Partisipasi Mitsubishi Ralliart di AXCR 2025 juga mendapat dukungan dari berbagai mitra ternama, antara lain:
•ENEOS (pelumas mesin)
•HKS (sponsor teknis mesin balap)
•Yokohama (ban off-road GEOLANDAR)
•Work Wheels (velg aluminium CRAG T-GRABIC II)
•ENDLESS (rem performa tinggi)
•TriboJapan, CUSCO, TPR, dan lainnya
Tentang AXCR 2025: Reli Lintas Negara Paling Ekstrem di Asia Tenggara
AXCR adalah reli tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara. Edisi 2025 semula direncanakan melintasi perbatasan Thailand–Kamboja, namun karena penutupan perbatasan, rute kini sepenuhnya berlokasi di Thailand. Reli akan dimulai dan berakhir di Pattaya, dengan rute yang menantang ketahanan mobil dan stamina pembalap.
Medan yang dilalui mencakup pegunungan curam, hutan tropis, tanah berlumpur, hingga jalur air yang memaksa kendaraan menembus sungai. Ketahanan, strategi, dan kekompakan tim akan menjadi kunci kemenangan.
Kesimpulan: Target Juara Bukan Sekadar Ambisi
Dengan kombinasi kendaraan berteknologi tinggi, pembalap berpengalaman, dan tim teknis solid, Mitsubishi Ralliart tampil sebagai salah satu kandidat kuat juara umum AXCR 2025. Triton bukan hanya menunjukkan kemampuan sebagai kendaraan niaga tangguh, tetapi juga sebagai mobil reli kompetitif kelas dunia. (*)