Minggu, 27 November 2022

Mengenal Sistem ERP: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Kegunaannya untuk Bisnis

Berita Terkait

batampos-Peran teknologi informasi tidak hanya dapat dirasakan dalam kegiatan operasional saja, tetapi juga dalam kegiatan perencanaan dan pemberdayaan sumber daya lain dalam perusahaan terutama di era serba digital seperti saat ini di mana setiap perusahaan wajib untuk berinovasi guna mengembangkan perusahaan yang mereka jalani.

Semua ini menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan untuk mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan semua kebutuhan informasi perusahaan. Teknologi ERP muncul di akhir tahun 1980-an. Kala itu, sistem ERP diklaim mampu memecahkan berbagai permasalahan operasional terkait perusahaan, sehingga perusahaan mampu mengantongi jumlah keuntungan yang tidak sedikit.

Enterprise Resource Planning atau yang lebih kita kenal dengan sistem ERP, tidak hanya berkaitan dengan planning atau resource. ERP adalah paket sistem dan software yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain.
Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis Anda dengan informasi secara real-time dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan.

Dahulu, sistem ERP hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, namun seiring berjalannya waktu, saat ini sistem ERP mulai populer di kalangan UKM dan telah banyak diterapkan dalam pengelolaan bisnisnya.
Sistem ERP terbagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan ukuran sebuah perusahaan.

BACA JUGA: Aplikasi Pembayaran Daring Semakin Dibutuhkan

Berikut ini merupakan macam-macam kategori sistem ERP Indonesia berdasarkan tingkatannya:

● ERP Indonesia Tier 1 mendukung perusahaan berskala global dan menangani urusan internasional.

● ERP Indonesia Government Tier 1 mendukung agensi pemerintahan skala besar.

● ERP Indonesia Tier 2 mendukung perusahaan berskala nasional yang mengembangkan produknya untuk kebutuhan suatu wilayah atau daerah di dalam suatu negara.

● ERP Indonesia Government Tier 2 mendukung pemerintahan, tetapi lebih berfokus pada peningkatan beberapa produk dan instalasi yang bersifat lokal.

● ERP Indonesia Tier 3 mendukung perusahaan menengah. Biasanya perusahaan ini merupakan perusahaan rintisan seperti software house lokal yang masih bisa berkembang lagi.

● ERP Indonesia Tier 4 mendukung perusahaan berskala kecil, dan biasanya sering tidak diperhatikan sebagai sistem ERP Indonesia oleh profesional.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem ERP memiliki beberapa fungsi untuk kebutuhan perusahaan Anda, seperti:

1. Meningkatkan Performa Bisnis Anda
Tentunya produk yang berkualitas dan terjamin, dapat meningkatkan performa bisnis perusahaan dan sistem sistem ERP perusahaan yang memiliki tampilan menarik dan berpusat pada kebutuhan perusahaan merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan performa bisnis Anda.

2. Meningkatkan Keamanan Data dengan ERP Indonesia
ERP Indonesia memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data. Seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya pun terjaga.

Sistem ERP Indonesia juga menunjukkan aktivitas pengguna, sehingga dapat dengan mudah mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau pola aktivitas yang mencurigakan dalam sistem.

3. Membuat Proses Perencanaan Bisnis yang Lebih Akurat dan Tepat
Proses perencanaan bisnis merupakan hal yang sangat diperhatikan, Laporan yang dihasilkan dalam sistem ERP menggunakan filter dan analitik canggih yang dapat menyaring data yang tidak konsisten. Sistem ini memastikan bahwa data yang diperoleh dihasilkan berdasarkan waktu yang sebenarnya.

Dengan adanya laporan bisnis yang akurat, tentu akan membantu pemangku kepentingan dalam menghasilkan keputusan yang terbaik bagi perusahaan, serta proses perencanaan bisnis perusahaan juga dapat lebih akurat dan tepat.

Tujuan sistem ERP Indonesia dalam perusahaan adalah:
● Mengkoordinasikan bisnis organisasi secara lengkap dan menyeluruh.
● Menjadikan perangkat lunak seperti mengotomatisasi dan mengintegrasi banyak proses bisnis
● Menghasilkan informasi yang real-time.
● Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
● Mengurangi proses kinerja yang banyak memakan waktu serta menghilangkan terjadinya duplikasi data.
● Membantu meningkatkan penjualan karena membantu mengelola barang atau jasa lebih cepat

Setelah mengetahui fungsi dari ERP Indonesia, mari kita ketahui manfaat dari penggunaan sistem ERP Indonesia untuk perusahaan Anda sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan Efisiensi
Sistem ERP Indonesia berfungsi menyederhanakan berbagai kegiatan operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga.

Tugas-tugas kompleks seperti pengecekan inventaris, pembagian tugas ke karyawan, pemantauan jam kerja, penggajian, pembuatan laporan keuangan, semuanya dapat dilakukan secara otomatis.

Serta dengan berkurangnya pekerjaan manual, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaannya masing-masing terlebih seluruh data yang dibutuhkan dapat

2. Mempercepat Proses Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Sistem ERP
Manfaat dari ERP Indonesia adalah proses pengembangan sistem ERP dapat dilakukan dengan baik dan cepat.
Sistem ini memiliki keunggulan dalam proses perencanaan yang tepat, sehingga mampu untuk bersaing dengan perusahaan lain.

3. Mengelola Akun dan Data Pelanggan
Kebutuhan akan data akan selalu meningkat, sehingga perlu adanya manajemen sistem yang baik dan terpadu.

Salah satu cara yang sering digunakan saat ini adalah dengan menerapkan konsep ERP Indonesia pada perusahaan dikarenakan, proses pengelolaan data dan informasi terkait pelanggan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, apabila tidak dibarengi dengan sistem perancangan basis data yang tepat.

4. Mengelola Kebutuhan Human & Resource (HR)
Diperlukan adanya sistem atau pihak yang berkaitan dengan proses pengelolaan manusia dan sumber daya perusahaan.

Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan mampu untuk membantu tugas dari seorang HR dalam memonitoring segala aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan.

Program Sistem ERP Indonesia Terbaik Beserta Keunggulannya
Ada banyak sekali jenis sistem ERP yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Dimana semua jenis sistem tersebut tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Berikut rekomendasi program atau sistem ERP yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan Anda.

1. Mekari
Mekari adalah sistem ERP yang telah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia.
Software ini dapat digunakan untuk menunjang kinerja perusahaan dalam hal pembuatan laporan keuangan. Tidak hanya itu, terdapat banyak keunggulan lain jika Anda menggunakan Mekari seperti:

● Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.

● Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.

● Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.

● Kolaborasi real-time, menambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.

● Online live chat tiap saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Coba GRATIS Mekari selama 14 hari dengan mengunjungi websitenya di https://mekari.com/.

2. Ramco
Berawal dari perusahaan yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan (R & D), Ramco kemudian melebarkan sayap ke ranah ERP Software.

Perusahaan yang berbasis di India ini berdiri sejak tahun 1997 dan kini sudah memiliki cabang di sejumlah negara seperti Amerika, Kanada, Eropa hingga Australia.
Salah satu kelebihan ERP software dari Ramco adalah kemampuannya untuk melayani berbagai tipe bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan sekelas enterprise.
Inilah yang membuat Ramco berhasil melayani ribuan klien dari berbagai negara. Tak salah jikalau kami menyebut bahwa Ramco pantas masuk di jajaran 5 software ERP terbaik.

3. Deskera
Deskera menawarkan solusi yang lengkap untuk bisnis skala kecil ke skala menengah. Berdiri pada tahun 2008, Deskera membuat sejumlah perangkat lunak yang berfokus pada penjualan, produk, penggajian, hingga manajemen keuangan.
Sejak berdiri beberapa tahun lalu, Deskera berhasil menjadi salah satu dari 5 software ERP terbaik di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diterima oleh Shashank Dixit, pendiri dan CEO Deskera.

Beberapa penghargaan yang ia terima diantaranya adalah the Asia Pacific Practice Awards 2015 oleh FROST & SULLIVAN serta berada dalam daftar Top 10 ERP Indonesia Solution Providers 2017 oleh APAC CIO, dan masih banyak lagi.

4. Zoho
Di saat perusahaan lain menganggap bahwa marketing adalah senjata utama untuk mendapatkan klien, Zoho justru sebaliknya.

Perusahaan yang berasal dari India ini justru lebih mengedepankan pengembangan produk dan layanan pelanggan untuk memberikan pelayanan terbaik.

Hal inilah yang membuat klien-klien setianya mempercayai Zoho. Model bisnis ini justru berhasil membawa Zoho ke level yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Tak heran kalau Zoho pantas kami masukkan di kategori 5 software ERP terbaik di Indonesia.
Di tahun 2019 Zoho berhasil membukukan 45 juta pengguna dari berbagai lini bisnis di seluruh dunia. Tak hanya itu, Zoho juga dipercaya oleh perusahaan multinasional seperti Facebook, Amazon, Netflix dan Suzuki.

5. Tigernix
Beroperasi sejak 2006, Tigernix sudah lebih dari 200 pelanggan mempercayai software ini. Berdiri di Singapura, Tigernix juga memiliki beberapa kantor resmi di beberapa negara seperti Australia, Sri Lanka, Malaysia, dan tentunya Indonesia.

Menawarkan 19 software untuk berbagai model bisnis, Tigernix mengenalkan konsep Go Green. Setiap proses bisnis berpatokan pada kebijakan lingkungan dan berusaha untuk menginisiasi lingkungan kerja yang baru.

Tigernix mengklaim mereka menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, voltage rendah serta memanfaatkan energi secara efisien untuk mengurangi penggunaan energi dan emisi karbon.

Keunikan Tigernix inilah yang menjadikan software ERP mereka termasuk dalam software ERP Indonesia terbaik di Indonesia.

6. Oracle NetSuite ERP Indonesia
Berdiri pada tahun 1998, NetSuite adalah salah satu pelopor software cloud-deployed yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Juli 2016, Oracle mengakuisisi NetSuite untuk membentuk Oracle NetSuite. Tetapi, produknya baru rilis di Indonesia pada tahun 2017.

Bisnis menggunakan NetSuite untuk perencanaan SDM, mengelola inventaris, melacak keuangan, menjadi host bagi e-commerce, serta manajemen hubungan pelanggan.
Platform fleksibel ini juga bersifat mobile-friendly, pengguna bisa mengaksesnya pada gadget berbasis Android melalui Google Playstore.

7. Brightpearl
Brightpearl adalah ERP Indonesia berbasis cloud untuk pengecer dan grosir dari semua skala bisnis yang bertujuan untuk mengotomatiskan back office, sehingga pedagang dapat menghabiskan waktu dan uang mereka dengan fokus pada pelanggan dan mengembangkan bisnis.

Solusi ini memungkinkan merchant omnichannel untuk mengelola bisnis mereka dari satu sistem juga membantu menyelaraskan penjualan online dan offline.
Brightpearl juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce terkemuka, seperti BigCommerce, Magento, Shopify, Amazon, dan eBay.

8. WorkWise ERP Indonesia
WorkWise telah membantu perusahaan tumbuh dan sukses melalui software ERP dan CRM berfitur lengkap, fleksibel, serta mudah digunakan.

Sistem ini merupakan ERP Indonesia multi-service yang menggabungkan 8 unsur manajemen pelanggan dan 45 aplikasi kontrol manufaktur penting untuk bisnis modern.
Hal ini berguna untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi dan data yang ada.

Sehingga akan mempersingkat waktu siklus produksi, mengoptimalkan manajemen rantai pasokan, efisiensi perencanaan dan pelaksanaan, dan meningkatkan komunikasi.

Selain melalui PC, WorkWise juga bisa beroperasi pada seluler berbasis iOs dan Android.
Itulah penjelasan mengenai ERP, manfaat, fitur, dan beberapa rekomendasi sistem ERP yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat!. (*)

 

 

Update