Rabu, 7 Desember 2022

Menanam Minion Rose Pink Mawar Mungil yang Rajin Berbunga

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

Galih Swara menyiram aneka minion rose pink. Mawar jenis ini terbilang beda dengan lainnya. Saat kuncup, bunganya dominan pink. Ketika sudah mekar, bunganya malah berwarna putih. f. SALMAN TOYIBI/JAWA POS

batampos – Mawar masih jadi idola banyak orang. Warna mahkotanya yang cantik selalu sukses memikat hati, meski banyak duri. Termasuk si mungil minion rose pink.

Mawar jenis satu ini unik. Tingginya tak lebih dari 50 cm. Bunganya pun hanya berdiameter 2–5 cm. Sesuai dengan namanya, minion. Mini. Jauh beda dengan jenis mawar pada umumnya, yang mahkotanya dapat merekah lebar dan tinggi tanaman bisa lebih dari 1 meter.

Menurut Galih Swara, pengurus Cihideung Rose Center, Bandung Barat, minion rose pink cocok bagi gardener yang memiliki lahan tak begitu lebar. Ukurannya yang mungil memungkinkan varietas impor itu untuk ditanam di pot dan diletakkan di dalam ruangan.

’’Bahkan, tak jarang orang berkreasi membuat bonsai dari tanaman ini karena ukurannya yang kecil,’’ paparnya saat ditemui di kebun Cihideung Rose Center, Rabu (2/2).

Termasuk dalam jenis mawar floribunda, minion rose pink memiliki bunga yang rimbun. Biasanya 10 bunga atau lebih dalam satu tangkai. ’’Kalau kata orang sini mah kemruyuk. Keroyokan gitu bunganya,’’ ungkapnya.

Si mungil itu juga rajin berbunga. Jadi, apabila bunga di satu tangkai sudah mekar dan rontok, gardener tak perlu berkecil hati. Sebab, bunga di tangkai lain akan segera mekar.

Siklus tersebut berulang sepanjang tahun. Tanaman pun akan terus terlihat cantik.

Prosesnya juga bisa dipercepat. Caranya, potong bunya yang sudah mekar. Menurut Galih, dengan cara itu, bakal bunga bisa segera tumbuh kembali.

BACA JUGA: Bertanam Rasberi, ”Dipaksa” Kering, Agar Berbuah Sepanjang Musim

’’Tapi, kadang suka tidak tega hehe… Menunggu rontok juga nggak apa-apa sih. Cepat kok (berbunga lagi, red),’’ paparnya.

Namun, lanjut Galih, perhatikan juga pencahayaan dan penyiramannya. Sebaiknya tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup. Sebab, hal itu akan memengaruhi warna mahkota bunga. Jadi, meski diletakkan di dalam ruangan tetap harus mendapat paparan sinar matahari.

Selain itu, penyiraman penting dilakukan secara teratur agar mahkota tidak mudah kering. (*)

Reporter: JP Group

Update