Selasa, 21 Mei 2024

Menanam Bayam Brasil, Tanah Harus Lembap

Berita Terkait

Tips Merawat dan Memberi Perintah Anjing Pudel

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Meski tanaman tropis, bayam brasil jangan terkena sinar matarahi langsung. Sebab, daun bayam akan menguning. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)

batampos – Menanam bayam brasil, tanahnya harus lembap. Meski terbilang mudah menanamnya, namun perawatannya perlu perhatian serius. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Selain kelembapan tanah, suhu udara, daun hingga warna batang jangan sampai menguning.

Bayam brasil sangat cocok ditanam di daerah tropis. Cara penanamannya pun sangat mudah. Tak perlu menggunakan lahan luas. Budi daya bayam brasil dapat menggunakan pot dengan peralatan tanam yang simpel.

Kelompok Tani Kampoeng Sepoloh, RT 10, RW 5, Kelurahan Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, sukses membudidayakan bayam brasil sejak 2021. Selain proses tanam yang mudah serta memiliki banyak protein, sayuran asal Brasil itu dapat diolah menjadi produk kuliner lainnya.

Baca Juga: Viral Kak Nisa Kinderflix, Kontennya Edukasi Anak-Anak, Bapak-Bapak Malah Salah Fokus

Ketua RT 10, RW 5, Kampoeng Sepoloh Suyanto mengatakan, hampir semua warga menanam bayam brasil. Caranya cukup mudah. Tahap pertama, menggemburkan tanah dengan dicampur pupuk dari kotoran kambing. Kemudian dilanjutkan dengan proses penyiraman. ’’Sebelum bibit bayam ditanam, tanah harus basah. Dan, didiamkan dua atau tiga hari hingga lembap. Tujuannya, tanah mempunyai nutrisi yang tinggi,’’ katanya, Kamis (2/11).

Setelah itu, bibit ditancapkan saja ke tanah. Di satu pot ukuran sedang, bisa ditanam lima batang bayam. Suyanto menjelaskan, proses penumbuhan akar memerlukan waktu lima hari. Selama pembentukan akar, daun akan layu. Agar kembali segar, dilakukan penyiraman dua kali sehari.

Berbeda pada tahap kedua, ketika bibit telah ditanam, tanah tidak boleh terlalu basah. Sebab, batang bisa busuk. ’’Cukup disemprot saja. Yang penting, batang basah dan tanah lembap,’’ terang Suyanto. ’’Berhasilnya budi daya atau tidak ditentukan dari warna batang. Jika batang berwarna kuning, penanaman gagal,’’ ujarnya.

Agar panen maksimal, tanaman jangan diletakkan dalam posisi langsung terkena sinar matahari. Meski sayuran tersebut dapat tumbuh di daerah tropis, jika suhu udara terlalu panas, tidak bagus juga. Daun bayam malah menguning dan kering. Sebaiknya pot diletakkan di bawah pohon atau di dalam teras rumah. Tidak langsung terkena sinar matahari, dengan suhu udara sekitar 20 hingga 30 derajat Celsius.

Hasilnya akan maksimal. Daun berwarna hijau dan mengembang. Panen raya dilakukan tiga minggu sekali. Selain dijual secara umum, bayam brasil dimanfaatkan warga untuk dikonsumsi sendiri.

TIPS SUKSES BERTANAM BAYAM BRASIL

• Bayam brasil dapat ditanam langsung pada media tanah. Bibit diambil dari batang bayam sebelumnya.

• Penanaman lebih baik menggunakan pupuk alami. Misalnya, kotoran hewan. Jangan pakai pupuk kimia karena bisa membuat gestur tanah dan tanaman cepat kering.

• Tanah harus lembap.

• Setelah panen raya atau satu bulan penanaman, tanah diganti baru dengan kembali dicampur pupuk.

• Idealnya budi daya bayam brasil dilakukan pada suhu 20–30 derajat Celsius. Tidak langsung terkena sinar matahari.(*)

Reporter: jpgroup

Update