Senin, 22 April 2024

Membaca Mudah Dimana Saja, Ini 5 Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik

Berita Terkait

Ilustrasi membaca buku elektronik dalam tablet. (Freepik)

batampos – Di era digital ini, ruang dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk mengeksplorasi dunia baru. Bagi pecinta novel, kini membaca kapan pun dan di mana pun dapat dilakukan dengan aplikasi baca novel gratis.

Aplikasi baca novel gratis ini, memberikan kemudahan untuk membaca ribuan cerita dalam satu genggaman tangan saja. Fitur yang disuguhkan pun sangat beragam, sehingga pembaca dapat menikmati sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Baca juga: Rossa Polisikan Penyebar Video Abaikan Betrand Peto saat Manggung

Hebatnya lagi, tidak hanya sebagai layanan untuk membaca buku. Beberapa aplikasi baca novel gratis juga dapat digunakan sebagai platform penulis untuk berbagi karya kepada jutaan pembaca.

Berikut ini lima rekomendasi aplikasi baca novel gratis . Simak ulasan singkatnya:

1. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi layanan digital gratis dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan digital nasional ini telah memiliki puluhan ribu judul buku dan ratusan ribu salinan koleksi buku elektronik. Termasuk novel terbaru hingga klasik, banyak tersedia di iPusnas.

2. iJakarta

iJakarta adalah aplikasi layanan peminjaman buku digital gratis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi perpustakaan digital ini dilengkapi dengan fitur media sosial untuk pengguna saling mengikuti, sehingga dapat saling mengetahui aktivitas satu sama lain. Layaknya iPusnas, aplikasi ini juga menyediakan banyak macam judul novel.

3. Google Play Books

Aplikasi Google Play Books menawarkan berbagai judul buku atau novel terbaru hingga yang sulit ditemui fisiknya. Aplikasi dari Google ini menyediakan berbagai macam fitur untuk pengguna menikmati bacaannya dengan gratis atau berbayar. Selain mengunduh, membaca, dan mendengarkan eBook, pengguna dapat mengunggah file dan mencetak buku.

4. Wattpad

Wattpad adalah salah satu aplikasi yang sangat populer sebagai platform menulis dan membaca. Dari penulis yang amatir hingga profesional, dapat ditemui dalam satu platform ini. Tulisan yang dihasilkan pun beragam, seperti cerpen, novel, non-fiksi atau fiksi, dan lainnya. Kerennya, ada beberapa hasil tulisan dari Wattpad yang sudah diadaptasi menjadi film.

5. NovelToon

Aplikasi untuk membaca novel dengan gratis lainnya, yaitu NovelToon. Beragam tema novel dan jenis bacaan lainnya dapat ditemui dalam aplikasi ini, seperti cerpen, komik, buku, dan audio. Bahkan, NovelToon memiliki kelas menulis daring yang terdapat pada fitur Writing Academy. (*)

Reporter: jpgroup

Update