Jumat, 2 Desember 2022

Mau Lebih Bugar, Ini Saran Ahli Untuk Perbaiki Gaya Hidup

Berita Terkait

Ilustrasi aneka makanan sehat (Istimewa)

batampos – Dua tahun masa pandemi Covid-19 memang mengubah gaya hidup. Makin banyak orang yang sadar akan kesehatan. Apalagi dalam beberapa bulan awal pandemi jauh sebelum vaksin, kita dipaksa untuk tinggal di rumah. Otomatis, seluruh gaya hidup berubah.

Saat pandemi sudah mulai melonggar seperti sekarang, diharapkan gaya hidup sehat seperti tetap berolahraga, menjaga makanan dengan gizi seimbang, pola tidur teratur, tetap mencuci tangan dan memakai masker serta menghindari kerumunan juga masih harus dijalankan dengan diisplin tinggi.

Sebuah laporan survei global terbaru yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition dan The Council for Responsible Nutrition (CRN) melalui OnePoll dengan melibatkan sebanyak 13 ribu orang responden, menemukan bahwa sebanyak 89 persen responden menyatakan bahwa mereka sedang mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Sebagai hasil dari perubahan positif yang mereka lakukan tersebut, lebih dari 50 persen dari responden mengatakan bahwa mereka sekarang dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah, dan 48 persen telah berhasil mengecilkan ukuran pinggang mereka.

Baca juga : Sayur dan Buah, Pilihan Makanan yang Keren

Ahli Kesehatan dan Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, dr. Kent Bradley memberi kiat mudah untuk meningkatkan kebiasaan dan gaya hidup yang lebih sehat. Apa saja?

1. Makan dengan mempertimbangkan nutrisi

Meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat dimulai di dapur, tetapi mungkin memerlukan beberapa ide untuk menginspirasi. Saat ini, mempelajari sebuah resep baru lebih mudah dari sebelumnya. Anda hanya tinggal menggunakan mesin pencarian dengan kata kunci yang diinginkan.

Ada ratusan situs web dan video instruksional yang menawarkan tutorial hebat, dan Anda dapat menemukan resep untuk hampir semua bahan yang sesuai dengan selera atau diet apa pun, apakah itu paleo, vegetarian, atau vegan. Dari internet anda dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat.

2. Hindari makanan cepat saji (junk food)

Selain makan makanan sehat, penting juga untuk mengurangi, atau bahkan menghilangkan makanan cepat saji atau junk food dari daftar makanan.

Menurut dr Kent, sebenarnya kalau kita sudah mendapatkan makanan sehat, lezat dan mengenyangkan di rumah, kita pasti tidak akan repot-repot lagi mengantre di drive-thru makanan cepat saji

”Oleh karena itu, luangkan beberapa menit untuk merencanakan setidaknya beberapa makanan untuk seminggu ke depan, mungkin dengan merujuk beberapa ide yang dilihat dalam mesin pencarian. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya cenderung akan makan lebih sehat selama seminggu, tetapi Anda juga akan menghemat uang dengan menghindari membeli makanan cepat saji,” katanya.

3. Mengonsumsi vitamin atau suplemen

Mengonsumsi suplemen harian dapat membantu memastikan asupan nutrisi lengkap. Suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi sepanjang tahun dan beberapa suplemen dapat mendukung kekebalan tubuh Anda.

Baca juga : Latih Kekuatan Otot Plus Bakar Kalori dengan Cardio Workout

4. Rutin berolahraga

Memulai rutinitas kebugaran atau aktivitas olahraga pada saat ini mungkin masih menakutkan. Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kebugaran. Dalam laman
HerbalifeNutritionFitness.com, menjaga latihan bisa dilakukan dengan tetap menyenangkan dan aman sehingga dapat menghindari cedera dan tetap konsisten.

”Berikutnya, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup lari atau jalan kaki di luar ruangan. Dengan bergabung suatu grup, Anda tidak hanya akan bertemu orang baru saja tetapi berolahraga dengan teman atau orang yang berpikiran sama akan membantu Anda tetap bertanggung jawab dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan,” u
kata dr Kent

5. Prioritaskan tidur

Jadwal tidur memainkan peran besar dalam pemeliharaan berat badan dan mental alertness. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat.

Di sisi lain, mendapatkan lama tidur yang tepat yaitu yang didefinisikan para ahli antara 7-9 jam semalam, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori ekstra sepanjang hari.

’’Di mana pun posisi Anda berada dalam perjalanan pemeliharaan kesehatan dan kebugaran saat ini, ketahuilah bahwa melakukan perbaikan gaya hidup sehat selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil,” tutur dr. Kent. (*)

Reporter : Jpgroup

Update