Kamis, 8 Desember 2022

Mau Kulit Ketiak Cerah, Jangan Pernah Mencukurnya

Berita Terkait

ILUSTRASI. Ketiak yang tidak dirawat dengan baik, selain dapat menimbulkan bau badan juga dapat terlihat kusam hingga menghitam serta bertekstur kasar. (Reader’s Digest)

batampos- Bagi kalian yang sering memakain busana tanpa lengan, agar area ketiak cerah, satu hal yang perlu diketahui adalah, hindari mencukurnya. Karena kalau daerah ketiak dicukur, akan terlihat lebih gelap.

BACA JUGA: Skincare yang Melembabkan Kulit Bakal Diminati. Simak Kandungan & Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Dalam diskusi bersama NIVEA Brightening Range 8 Superfood Deodorant, Dokter Spesialis Kulit dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV, mengatakan kulit ketiak berbeda dengan wajah, yang kerap mendapat perhatian khusus dalam hal perawatan. Padahal, meski jarang terlihat, seiring dengan gaya hidup yang terus berkembang mulai dari banyaknya aktivitas, tingkat stres, beragamnya jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi sampai dengan cara kita berbusana.

“Ketiak yang tidak dirawat dengan baik, selain dapat menimbulkan bau badan juga dapat terlihat kusam hingga menghitam serta bertekstur kasar. Hal ini tentu dapat membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri,” kata dr. Nessya.

Menurutnya, dibandingkan kulit tubuh bagian lainnya, kulit ketiak memiliki ketebalan lapisan kulit, jumlah kelenjar keringat dan folikel rambut yang berbeda. Merupakan area lipatan, tertutup dan sering bergesekan, kulit ketiak rentan iritasi dan berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri, jamur dan organisme tertentu yang seringkali memunculkan masalah-masalah kulit.

Selain mandi secara teratur, untuk mendapatkan kulit ketiak yang sehat terawat, dr. Nessya juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan bercukur. Ia menyarankan agar menggunakan deodoran.

“Hindari bercukur. Sebaiknya memilih pakaian yang skin-friendly, menjaga keseimbangan pola makan, serta menggunakan produk perawatan kulit salah satunya deodoran,” jelasnya.

Pelru diketahui, sejumlah tambahan kandungan tidak hanya mampu membantu melindungi kulit ketiak dari keringat berlebih dan bau badan, tetapi juga memiliki fungsi dalam merawat kesehatan kulit ketiak. Seperti menghaluskan, mencerahkan serta meratakan warna kulit ketiak.

“Menjawab kebutuhan masyarakat akan skincare yang mengandung bahan-bahan yang berasal dari alam, yakni dengan deodoran yang mengandung ekstrak 8 superfood yang kaya akan nutrisi dan Micro Vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit,” kata Senior Brand Manager NIVEA Deodorant Sabrina Diandra secara virtual, Jumat (21/1).

Sabrina Diandra menjelaskan pihaknya ingin mengajak para wanita untuk lebih fokus dalam mencintai dan merawat diri sendiri (self-love), dimulai dengan langkah kecil setiap harinya yaitu dengan merawat seluruh bagian tubuh kita termasuk kulit ketiak yang jarang terlihat. Sehingga kita dapat terus belajar menghargai tubuh kita dan membangun rasa nyaman dengan diri kita sendiri sehingga akhirnya tidak mudah terpengaruh oleh penilaian negatif dari luar.

“Terlebih lagi bagi kaum milenial dan Gen Z yang dikenal sebagai generasi internet, mereka lebih rentan terekspos penilaian sosial yang merupakan salah satu konsekuensi dari terbukanya komunikasi di era digital,” katanya. (*)

Reporter: Jpgroup

Update