Rabu, 19 Juni 2024

Manfaatkan Turbin Ventilator di Rumah

Berita Terkait

Kehadiran turbin ventilator akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni saat berada di dalam rumah. (F. Istimewa)

batampos – Turbin ventilator adalah alat exhaust yang memiliki fungsi untuk menghisap udara panas dan debu. ”Selain itu, alat ini juga berfungsi sebagai media sirkulasi udara di dalam rumah,” ujar Vini Joe selaku Direktur PT Venti Max Solutions.

Setidaknya ada 5 manfaat pemasangan turbin ventilator:

1. Menjaga Sirkulasi Udara yang Baik
Salah satu keuntungan utama dari memasang turbin ventilator adalah dapat menjaga sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.

”Turbin ventilator bekerja dengan menghisap udara panas dan mengeluarkannya ke lingkungan luar. Dengan demikian, udara di dalam rumah akan terus tergantikan dengan udara segar dari luar. Hal ini akan membuat udara di dalam rumah terasa lebih segar dan nyaman untuk dihuni,” ujar Vini.

2. Mengurangi Kelembapan di dalam Rumah
Turbin ventilator juga dapat membantu mengurangi kelembapan di dalam rumah. Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya masalah seperti jamur, bau tidak sedap, dan kerusakan pada perabotan. Dengan adanya turbin ventilator, udara lembap di dalam rumah dapat dikeluarkan dan digantikan dengan udara segar dari luar.

”Hal ini akan membantu menjaga kelembapan di dalam rumah tetap seimbang dan mengurangi risiko timbulnya masalah-masalah tersebut,” sambungnya.

3. Menghemat Energi Listrik
Salah satu keunggulan turbin ventilator adalah dapat menghemat energi listrik. Turbin ventilator bekerja dengan bantuan angin, sehingga tidak memerlukan daya listrik untuk beroperasi. Anda tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak karena penggunaan turbin ventilator.

”Selain itu, turbin ventilator tetap efektif bahkan saat hujan, sehingga Anda tidak perlu menggantinya dengan alat lain saat cuaca buruk,” ujar Vini.

4. Ramah Lingkungan
Turbin ventilator merupakan pilihan yang ramah lingkungan. Alat ini tidak menghasilkan residu berbahaya seperti CFC yang dapat merusak lapisan ozon. Selain itu, turbin ventilator hanya menghisap debu dan kotoran dari dalam ruangan, sehingga udara yang dikeluarkan ke lingkungan luar tetap bersih. ”Dalam pembuatan turbin ventilator, biasanya menggunakan bahan stainless steel atau aluminium yang kuat, tahan lama, dan aman terhadap cuaca dan lingkungan,” kata Vini.

5. Mudah Dipasang dan Ditempatkan
Pemasangan turbin ventilator relatif mudah dan dapat ditempatkan di berbagai bagian atap rumah. Anda hanya perlu memasangnya dengan benar ke rangka atap menggunakan sekrup. Pastikan turbin ventilator dipasang dengan stabil agar tidak mudah bergeser atau rusak.
Anda juga dapat memilih tempat yang strategis untuk memasang turbin ventilator, seperti di atap ruang tamu atau kamar tidur, agar sirkulasi udara di ruangan tersebut lebih baik.

SupaVent, lanjut Vini, adalah salah satu merk ventilator turbin revolusioner dari Australia yang efektif dan efisien mengatasi panas dan lembap.

”Tanpa penggunaan energi listrik, design yang compact dan aerodinamik membuat turbin ini tidak hanya menjadi sekadar alat ventilator tapi menjadi suatu sistem sirkulasi udara yang dapat menambah estetika,” pungkasnya. (***)

 

Update