Rabu, 17 Agustus 2022

Madu Murni Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berita Terkait

Ilustrasi madu (Istimewa)

batampos – Musim pancaroba yang kembali datang di masa pandemi ini, kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya yang baik dikonsumsi adalah madu. Dalam madu, terkandung nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh.

Laporan Mayo Clinic baru-baru ini menyebutkan madu sebagian besar mengandung gula, serta campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, seng, dan antioksidan.

Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu juga digunakan sebagai anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Orang biasanya menggunakan madu secara oral untuk mengobati batuk dan secara topikal untuk mengobati luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka.

Memilih madu yang tepat, ada beberapa fakta berikut yang wajib kita tahu. Simak yuk:

1. Bermanfaat Untuk Berbagai Penyakit

Laporan Mayo Clinic menyebutkan madu bisa membantu menurunkan beberapa risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular. Antioksidan dalam madu dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa madu kayu putih, madu jeruk dan madu labiatae dapat bertindak sebagai penekan batuk yang dapat diandalkan untuk beberapa orang dengan infeksi saluran pernapasan atas. Bukti menunjukkan madu dapat membantu meringankan kondisi saluran pencernaan seperti diare yang berhubungan dengan gastroenteritis. Madu mungkin juga efektif sebagai bagian dari terapi rehidrasi oral.

Studi menunjukkan bahwa madu mungkin menawarkan manfaat antidepresan, antikonvulsan dan anti-kecemasan. Dalam beberapa penelitian, madu telah terbukti membantu mencegah gangguan memori. Penggunaan topikal madu tingkat medis telah terbukti meningkatkan penyembuhan luka, terutama pada luka bakar.

2. Antioksidan Alami

Madu murni memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh, di antaranya sebagai antioksidan alami, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Cara Membedakan Madu Asli

Cara membedakan madu asli yang terbaik adalah melalui uji lab, namun cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan madu ke dalam cawan berisi cair dan diputar.

”Madu asli akan membentuk pola hexagon atau sarang lebah,” jelas GM Manufacturing Madurasa, Bambang, kepada wartawan baru-baru ini.

Senior Brand Manager Madurasa, Damayanti mengatakan masyarakat pun masih sulit untuk membedakan kemurnian dan keaslian madu, terlebih dengan adanya isu peredaran madu palsu yang dijual bebas di pasaran. Salah satu cara mudah untuk mengetahui produk madu itu asli itu adalah berstandar SNI (standard nasional Indonesia).

“Kualitas madu murni haruslah sesuai dengan SNI,” ujarnya.

Lalu juga prosesnya low temperature processing sehingga warna, kualitas dan kemurnian madunya tetap terjaga. Rasanya juga orisinal.

4. Ketahui Prosesnya

Madu yang sudah diproses biasanya sudah dipanaskan pada suhu tinggi (dipasteurisasi) untuk menciptakan produk yang mengalir cepat. Selama proses pasteurisasi, suhu tinggi menghancurkan enzim dan vitamin yang ditemukan secara alami dalam madu.

Madu murni justru sebaliknya. Madu murni belum dirusak, dipanaskan, atau diproses. Madu adalah cara lebah membuatnya.

5. Warna Jadi Penentu

Madu secara alami mengandung vitamin, enzim, dan serbuk sari. Semuanya merupakan manfaat besar dari madu alami. Tetapi selama proses pasteurisasi, madu sering disaring, menghilangkan bahan alami ini. Madu asli dan murni umumnya berwarna kuning yang lezat. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update