Kamis, 25 April 2024

Lima Cara Sederhana agar Mobil Lebih Hemat BBM

Berita Terkait

Tips Merawat dan Memberi Perintah Anjing Pudel

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Ilustrasi: Harga BBM naik, pintar-pintar atur siasat supaya mobil tidak terlalu boros. (Evans Halshaw)

batampos – Lima cara sederhana ini bisa Anda lakukan agar mobil lebih hemat bahan bakar minyak (BBM).

Bagi masyarakat di perkotaan, menggunakan mobil pribadi untuk mobilitas sehari-hari adalah pilihan yang tepat. Kendati nyaman, menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan sehari-hari, memang ada konsekuensinya.

Pertama harus siap dengan kemacetan, kedua perawatan kendaraan secara berkala wajib dilakukan, dan yang paling terasa sehari-hari adalah cost yang tidak murah untuk membeli BBM.

Poin terakhir ini yang belakangan banyak dikeluhkan. Terlebih harga Bahan Bakar Minyak atau BBM naik. Sehingga pengguna kendaraan pribadi khususnya mobil harus pintar-pintar menyiasati agar keuangan tidak boros. Yang bisa dilakukan sebenarnya gampang. Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut cara supaya mobil yang kita gunakan sehari-hari bisa lebih hemat BBM:

1. Perawatan Rutin

Baca juga:Kiat Menghadapi Pemerasan via WhatsApp dan Medsos

Melakukan perawatan rutin pada mobil merupakan salah satu cara untuk menjadikan mobil irit BBM. Hal ini termasuk melakukan perawatan rutin seperti ganti oli, filter udara, cek tekanan ban yang sesuai dan banyak lagi. Dengan perawatan rutin, Anda dapat mengetahui adanya masalah sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, sehingga menghemat biaya perbaikan.

Selain itu, melakukan servis rutin juga akan membantu menjaga kualitas dan kinerja mobil Anda, sehingga Anda dapat merasakan perjalanan yang lebih nyaman dan aman. Yang terpenting juga, dengan kondisi mobil yang prima maka efisiensi bahan bakar akan semakin meningkat. Sehingga kendaraan Anda bisa jadi mobil MPV irit BBM.

2. Irama Berkendara/Jaga Kecepatan Konstan

Irama dalam berkendara. Cara ini bisa Anda gunakan untuk menjadikan mobil MPV irit BBM. Sebab dengan menjaga kecepatan konstan, Anda bisa membuat kinerja mesin lebih stabil serta transmisi dan perputaran mesin lebih optimal. Selain itu, dengan menjaga kecepatan konstan suhu mesin juga jadi lebih stabil.

3. Atur Pengereman

Mengatur pengereman dengan baik dapat mengoptimalkan efisiensi pengereman dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang digunakan untuk mengerem. Hindari melakukan pengereman yang mendadak atau dengan cara yang kasar untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil MPV Anda.

4. Perhatikan Beban Muatan

Mobil MPV memang identik dengan mobil yang bisa serbaguna baik mengangkut banyak penumpang hingga barang bawaan. Untuk menjaga agar mobil MPV irit BBM, Anda bisa memperhatikan beban muatan setiap Anda berkendara.

Hindari membawa penumpang berlebih atau barang bawaan yang terlalu banyak. Sebab, mobil yang membawa beban tambahan harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan beban tambahan tersebut, sehingga konsumsi bahan bakar jadi boros. Menjaga berat mobil tetap ringan dengan tidak membawa barang yang tidak diperlukan akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

5. Optimalkan Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bahan bakar bertugas untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke sistem pembakaran mesin mobil. Salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi fuel pump agar mobil lebih hemat bahan bakar adalah dengan menjaga kondisi fuel pump yang baik dan memastikan bahwa tekanan bahan bakar yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrik.

Selain itu, menjaga kondisi mesin yang baik, melakukan perawatan rutin, dan menjaga tekanan angin dalam ban juga dapat membantu dalam mengoptimalkan fungsi fuel pump.(*)

Reporter: jp group

 

Update