Sabtu, 15 Juni 2024

Leonardo DiCaprio Berikan Kesaksian, Kasus Pencucian Uang dari Pemodal Malaysia

Berita Terkait

Leonardo DiCaprio. (Amy Sussman/Getty Images/AFP)

batampos – Aktor Titanic, Leonardo DiCaprio memberikan kesaksian dalam sidang kasus pencucian Pras Michel, rapper sekaligus pendiri grup hiphop The Fugees di pengadilan federal Washington DC pada Senin (3/4) waktu setempat.

Michel diduga menyalurkan uang secara ilegal dari pemodal Malaysia untuk kepentingan politik. Termasuk menyisihkan dana untuk kampanye Barack Obama di pemilihan presiden pada 2012.

Salah satu jaksa penuntut juga menyatakan bahwa musisi tersebut sempat berusaha menghentikan penyelidikan terhadap pemodal yang sama di masa kepemimpinan Donald Trump.

Baca juga:Mobil Opel Corsa Moon II untuk Wisata di Bulan

Nama pemodal yang dimaksud tak lain adalah Jho Low, buron pelaku pencucian uang internasional dan suap yang melibatkan dana miliaran USD lewat perusahaan investasi milik pemerintah Malaysia 1MDB. DiCaprio dipanggil sebagai saksi lantaran dirinya sempat punya hubungan baik dengan Low. Maklum, Low adalah salah satu pemodal utama film The Wolf of Wall Street. DiCaprio menyebut namanya saat memenangi piala individu Golden Globes 2014 lewat film itu.

Mengutip beberapa media yang hadir di sidang, kedatangan DiCaprio membuat para juri sidang antusias. Di sidang, DiCaprio dicecar pertanyaan terkait pertemanannya dengan Jho Low dan Michel. Saat ditanya awal pertemanannya dengan Michel, Aktor Terbaik Oscars 2016 itu mengaku tidak ingat. Dia menceritakan, perkenalannya dengan sang musisi terjadi sekitar 1990.

Sementara itu, dia mengungkapkan bahwa Low kerap membuat pesta megah. Termasuk pesta lintas negara di suatu malam perayaan tahun baru. DiCaprio menyatakan, dia kali pertama bertemu dengan Low di acara pesta ulang tahun di Las Vegas pada 2010.

’’Sepengetahuanku, dia adalah pebisnis besar dengan banyak koneksi di Abu Dhabi dan Malaysia,’’ ungkap aktor berusia 48 tahun itu.

Sebelum menggandeng Low sebagai investor untuk film The Wolf of Wall Street serta kegiatan bisnis lainnya, DiCaprio menyatakan bahwa dirinya sudah mendapat ’’lampu hijau” dari tim manajemen dan pihak rumah studio. Dalam sidang, dia juga sempat menyinggung obrolan santainya dengan Low terkait pendanaan kampanye Obama di 2012. ’’Jumlahnya cukup signifikan, sekitar USD 20 juta–USD 30 juta (Rp 297,8 miliar–Rp 446,7 miliar). Aku saat itu berkata ’wow, itu uang yang banyak banget!’,’’ imbuhnya. (*)

Reporter: jp group

Update