Minggu, 25 September 2022

Lelang Gitar Kesayangan, Dewa Budjana Ingin Bantu Pasien Kanker Payudara

Berita Terkait

Dewa Budjana (Antara)

batampos – Dewa Budjana berencana melelang gitar kesayangannya. Hasil lelang direncanakan untuk membantu deteksi dini pasien kanker payudara.

Kegiatan deteksi dini kanker payudara akan diselenggarakan oleh Lovepink. Kegiatan ini akan memberikan akses pemeriksaan USG payudara gratis kepada 10 ribu perempuan yang memiliki keterbatasan finansial.

Dewa Budjana mengatakan, dirinya tertarik merelakan salah satu gitar kesayangannya tersebut demi aksi kemanusiaan, lantaran sempat ada keluarga dan sahabat yang menderita kanker payudara. Dia pun tergerak untuk membantu adanya deteksi dini terhadap kanker payudara.

“Kita mau berbagi saja karena kanker itu bisa terjadi ke siapa saja. Kebetulan ada keluarga dan teman yang sempat menderita penyakit kanker,” kata Dewa Budjana di bilangan Senayan Jakarta, Kamis (15/9).

Proses lelang akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2022 mendatang, di lantai 6 Distrik Seni X Sarinah Jakarta. Lelang gitar Dewa Budjana ini diletakkan di Distrik Seni X Sarinah Jakarta, karena pada momen bersamaan, Dewa Budjana menggelar eksibisi mengusung tajuk ‘Dawai Dawai Dewa Budjana’. Dia pun menampilkan sekitar 21 gitar hasil koleksinya. Event ini sudah berlangsung sejak 9 September lalu.

Gitar dari gitaris grup band Gigi yang akan dilelang memiliki merek Kiesel dari Amerika Serikat. Gitar yang akan dilelang juga sudah dilukis oleh pelukis Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho supaya terlihat lebih menarik.

Baca juga: Jadi Pemenang Termuda, Zendaya Torehkan Sejarah di Emmy Awards Ke-74

Selain itu, pelukis Sekar Jatiningrum yang merupakan seorang survivor kanker payudara juga ikut terlibat.

Saat disinggung soal harapan terkait harga gitar yang dilelang nantinya kemungkinan akan terjual di harga ratusan juta atau mungkin sampai miliaran rupiah, Dewa Budjana tak mau punya bayangan khusus. Dia takut nantinya malah berujung kecewa. “Pokoknya yang mahal saja biar lebih banyak orang yang terbantu,” katanya.

Dewa Budjana secara pribadi juga mengundang musisi atau publik figur lainnya apabila ada yang ingin melelang barang kesayangan mereka. Yang hasil penjualannnya untuk tujuan sosial kemanusiaan.

“Mudah-mudahan dengan adanya jumpa pers hari ini, ada musisi yang juga tertarik ikut lelang. Kita sangat senang jika ada yang mau terlibat. Mudah-mudahan teman-teman musisi ada yang mendukung gerakan ini,” paparnya.

Sementara itu, Samantha Barbara selaku Chairwoman Lovepink mengatakan, deteksi dini kanker payudara sangat penting dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara periodik. Karena apabila berhasil terdeteksi sejak dini, maka akan lebih mudah dalam menanganinya.

“Ini lebih dari sekadar kampanye deteksi dini, tetapi juga merupakan wujud dari semangat untuk memberdayakan perempuan agar memiliki kesadaran, kemauan, dan pengetahuan untuk memelihara kesehatan payudara. Kami harap kegiatan semacam ini rutin terus dilakukan demi mewujudkan tahun 2030 bebas kanker payudara stadium lanjut,” tandasnya. (*)

Reporter : JPGroup

Update