Selasa, 23 April 2024

Lagu The Beatles dengan Bantuan AI, Now and Then, Puncaki Tangga Lagu di Inggris

Berita Terkait

The Beatles (Sumber: REUTERS/Mario Anzuoni)

batampos – Lagu The Beatles dengan bantuan AI, Now and Then, puncaki tangga lagu di Inggris. Inilah lagu yang pembuatannya dibantu kecerdasan buatan (AI) yang berhasil menduduki puncak tangga lagu Inggris sejak rilis 1 November lalu.

Now and Then, dirilis lebih dari empat dekade setelah rekaman aslinya direkam sebagai demo oleh John Lennon.

Now And Then adalah salah satu dari beberapa lagu dalam kaset yang direkam Lennon di rumahnya di Gedung Dakota, New York pada 1979, setahun sebelum kematiannya.

Produksi lagu Now and Then menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memasukkan vokal John Lennon dan gitar George Harrison, yang meninggal masing-masing pada 1980 dan 2001.

Baca juga: Brand Kosmetik Rose All Day Ajukan Permintaan Maaf, Pasca Co-Founder Menyukai Postingan Pro Israel

AI saat ini memungkinkan untuk mengekstraksi vokal dari rekaman tersebut, meski penggunaan teknologi dalam musik masih menjadi bahan perdebatan. Sejumlah orang mengecam pelanggaran hak cipta dan yang lain memuji kehebatannya.

Dua anggota Beatles yang masih hidup menyelesaikan Now And Then tahun lalu, termasuk bagian gitar listrik dan akustik George Harrison yang direkam pada 1995.

“Now and Then memulai debutnya di Nomor 42 di Inggris minggu lalu dengan hanya 10 jam sejak perilisan. Tetapi sekarang diperkirakan akan melonjak 41 peringkat ke puncak Official Singles Chart ketika tangga lagu pada Jumat (3/11) diumumkan di The Official Chart milik BBC Radio 1,” kata perusahaan tangga lagu tersebut seperti dikutip Japan Today.

Now and Then saat ini mengungguli lagu Standing Next to You milik Jung Kook, dan lagu nomor satu minggu lalu, Is it Over Now?-nya Taylor Swift.

Baca juga: Taylor Swift Menangkan 3 Kategori MTV Ema Awards 2023

Rilisnya lagu Now and Then tetap mendapat ulasan hangat dari kritikus musik. “Now and Then tidaklah buruk. Tapi pada akhirnya, itu agak biasa-biasa saja,” tulis Geoff Edgers di Washington Post.

Sebagian darinya juga memunculkan, “Rasa klasik, pahit, ala Beatles”, tulis pengulas Will Hodgkinson. Sayangnya, semua ini tidak bisa menutupi fakta bahwa lagu terakhir dari Beatles jauh dari sebuah mahakarya yang hilang, tambahnya.

Now And Then, pertama kali ditulis dan dinyanyikan oleh Lennon pada 1978, diselesaikan oleh sesama anggota band Paul McCartney dan Ringo Starr.

McCartney, 81, mengumumkan perilisan lagu tersebut pada Juni lalu, yang dalam trailer promosinya disebut sebagai ‘lagu Beatles terakhir’.
Lagu ini menjadi lagu yang menduduki puncak tangga lagu Inggris ke-18 milik Fab Four dan yang pertama dalam 54 tahun, sejak The Ballad of John dan Yoko pada 1969. (*)

Reporter: jpgroup

 

 

Update