Senin, 8 Agustus 2022

Kabel Logam Putus, Layar Raksasa Timpa Boyband Mirror di Hongkong

Berita Terkait

Layar lebar menimpa band Mirror. (The Star)

batampos – Otoritas berwenang di Hongkong menyelidiki penyebab jatuhnya layar besar yang menimpa boyband Mirror saat beraksi di atas panggung. Sedikitnya dua orang luka-luka karena kejadian itu.

Dari hasil penyelidikan awal, ternyata salah satu dari dua tali logam yang menggantungkan layar besar itu terputus. Alhasil menyebabkan struktur layar menabrak panggung di bawah dan menimpa dua penari.

Pihak berwenang mengungkapkan, temuan awal mereka. Sekretaris Kebudayaan, Olah raga dan Pariwisata Kevin Yeung Yun-hung melakukan inspeksi awal tempat pertunjukan di Hong Kong Coliseum di Hung Hom.

Baca juga:8 Profesi Butuh Minum Kopi sebagai Mood Booster

“Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa kabel logam putus, menyebabkan layar jatuh,” kata Yeung.

“Keamanan panggung sangat penting. Ini sangat penting bagi para pemain,” tambahnya seperti dilansir dari The Star, Minggu (31/7).

Pihaknya berjanji untuk menyelidiki masalah ini dengan satuan tugas yang dibentuk di bawah Departemen Layanan Kenyamanan dan Kebudayaan, yang akan bekerja dengan Departemen Layanan Listrik dan Mekanik dan Departemen Tenaga Kerja untuk mempelajari penyebab kecelakaan tersebut. Yeung mengatakan, penyelidikan bisa berlangsung selama beberapa minggu, dan pihak berwenang akan menjangkau kelompok pertunjukan lainnya untuk memeriksa risiko.

Dia menolak mengungkapkan identitas kontraktor yang terlibat dalam pemasangan layar bermasalah di konser Mirror. Yeung juga mengatakan, para ahli akan memeriksa kabel suspensi yang dimaksud.

Mereka juga memastikan apakah insiden itu berpusat pada prosedur operasional atau bahan sebenarnya dari kabel tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Chris Sun Yuk-han mengatakan, pihak berwenang telah memerintahkan semua aktivitas dengan konser yang menggunakan layar untuk ditangguhkan. Dia mengatakan petugas dari Departemen Tenaga Kerja telah mengunjungi tempat tersebut untuk mengumpulkan bukti termasuk mengajukan tuntutan di bawah Undang-undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja jika perlu.

Klarifikasi Penyelenggara

MakerVille, cabang bisnis hiburan dari perusahaan telekomunikasi PCCW, dan penyelenggara acara Music Nation mengatakan dalam sebuah pernyataan terbaru bahwa mereka bekerja dengan pihak berwenang, serta kontraktor dan subkontraktor di belakang struktur panggung, untuk melakukan penyelidikan menyeluruh. Harga saham PCCW, yang terdaftar di bursa saham Hong Kong, turun 0,7 persen.

“Jika kami mendeteksi adanya kecurigaan ketidakwajaran oleh siapa pun atau unit yang terlibat, kami akan segera menghubungi polisi,” bunyi pernyataan itu.

Band ini sedang melakukan pertunjukan keempat mereka dari rangkaian 12 pertunjukan yang direncanakan ketika kecelakaan itu terjadi. Sekitar pukul 22.30 pada hari Kamis dengan pertunjukan yang sedang berlangsung, salah satu layar raksasa di udara, berukuran panjang empat meter, putus dari kabel suspensi, menabrak panggung dan menimpa dua penari yang tampil dengan anggota boy band.

Dua korban laki-laki, berusia 27 dan 29 tahun, dilarikan ke Rumah Sakit Queen Elizabeth. Menurut juru bicara Otoritas Rumah Sakit, salah satu pemain menderita cedera leher dan dalam kondisi serius dalam perawatan intensif. Penari lainnya menderita luka di kepalanya dan dinyatakan stabil. (*)

Reporter: jpgroup

 

 

Update