Kamis, 18 April 2024

Inovasi yang Terinspirasi dari Alam

Berita Terkait

Manfaatkan Turbin Ventilator di Rumah

batampos– Apa hubungannya albatros pengelana dengan pesawat? Bagaimana ekor kuda laut bisa membantu menyukseskan pembedahan? Dan bagaimana warna biru terang buah beri Pollia mencegah pembuatan uang palsu?

Jawaban ilmiah untuk pertanyaan-pertanyaan di atas dan lebih banyak perincian lagi tentang tumbuhan dan binatang bisa ditemukan dalam sebuah video menarik dan seri artikel berjudul ”Apakah Ini Dirancang?” Informasi gratis ini bisa didapatkan di jw.org, salah satu situs web edukasi berdasarkan Kitab Suci yang paling banyak dikunjungi di dunia.

”Seri ini tidak hanya menarik bagi orang-orang yang berminat terhadap alam dan binatang, tapi juga untuk semua orang yang peduli dengan pelestarian keanekaragaman alam planet kita,” kata Elyto Tan, juru bicara setempat untuk Saksi-Saksi Yehuwa.

Karena menyadari minat dan kepedulian banyak orang terhadap alam, PBB bahkan telah menetapkan Hari Satwa Liar Sedunia tiap tahunnya. Pada 3 Maret 2024, banyak orang akan merayakan keanekaragaman flora dan fauna liar serta meningkatkan kepedulian mereka terhadap pelestarian alam.

BACA JUGA: Suami Wajib Tahu! 6 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Hubungan Setelah Istri Melahirkan

Setiap hari, ada lebih dari 2.100.000 orang yang mengunjungi jw.org, situs web resmi Saksi Saksi Yehuwa, untuk mendapatkan informasi gratis yang membahas hal-hal yang dikhawatirkan orang-orang sekarang. Mereka bisa mencari tahu banyak topik dalam situs tersebut, dan salah satunya adalah tentang kepedulian terhadap lingkungan.

Artikel-artikel dalam seri ”Apakah Ini Dirancang?” dilengkapi dengan rekaman audio dan video yang mempermudah orang untuk memahami hal-hal luar biasa dari binatang dan tumbuhan di bumi. Seri ini juga menjelaskan bagaimana alam bahkan bisa menginspirasi inovasi dalam bidang teknik, robotik, dan desain produk:

● Kemampuan terbang burung albatros pengelana bisa membantu para insinyur merancang pesawat yang lebih hemat energi, dan bila perlu, kendaraan yang menggunakan daya dorong tanpa mesin.

● Rancangan ekor kuda laut bisa ditiru pada robot tim SAR dan peralatan bedah yang mampu membengkok dan memutar di celah yang sempit.

● Para ilmuwan mengatakan bahwa cara buah beri Pollia menghasilkan warna bisa membantu menghasilkan bahan pewarna antipudar dan kertas yang tidak bisa dipalsukan.

”Kami yakin bahwa mereka yang memeriksa seri ’Apakah Ini Dirancang?’ bukan hanya akan lebih menghargai tumbuhan dan binatang di bumi, tapi juga akan memiliki harapan tentang masa depan mereka,” kata Elyto Tan.

Untuk mengakses seri online gratis ”Apakah Ini Dirancang?”, kunjungi jw.org >Ajaran Alkitab > Sains dan Alkitab > Apakah Ini Dirancang? (*)

 

Update