Sabtu, 13 April 2024

Ini Tips Irit Biaya saat Berlibur 

Berita Terkait

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Arsip foto – Dua bocah bermain bola saat berlibur di Tanjung Merdeka Makassar, Sulsel, Minggu (3/7). Sebagian warga di Makassar mengisi masa liburan sekolah bersama anak-anaknya dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi dan tempat wisata. (FOTO ANTARA/Yusran Uccang/11)

batampos-Warga yang tinggal di kota khususnya, apalagi yang setiap hari hanya menjalani rutinitas sangat perlu untuk berlibur. Berlibur biar bermanfaat harus bersama orang orang terkasih misalnya keluarga.

Berikut kiat berlibur bersama keluarga agar semakin nyaman dan lebih murah menurut Pegipegi melalui keterangan tertulis, Kamis:

1. Pilih aktivitas rekreasi ramah anak

Ajak anak untuk berdiskusi tentang kegiatan yang diinginkan di tempat tujuan atau destinasi guna mengurangi anak rewel hingga ribut minta pulang. Sebaiknya cari destinasi wisata yang menarik bagi anak melalui beragam aktivitas yang ditawarkan, misalnya kebun binatang.

Orangtua juga disarankan mengutamakan kebutuhan anak yang lebih suka bermain. Mereka akan merasa bosan ketika hanya datang ke destinasi wisata untuk berfoto.

BACA JUGA:Liburan ke Labuan Bajo, Rumah dari Hewan Purba Komodo

2. Pilih hotel dengan fasilitas ramah anak

Memilih hotel ramah anak menjadi penting, misalnya yang menyediakan fasilitas disenangi anak seperti kolam renang. Jika ingin mencari hotel dengan fasilitas kolam renang, maka bisa memesan hotel di area Banten, Bali, dan DKI Jakarta karena menurut data Pegipegi, ketiga kota tersebut adalah kota yang memiliki persentase hotel tertinggi di Indonesia.

3. Susun strategi hemat

Biaya berlibur bersama keluarga akan lebih mahal ketimbang sendirian. Oleh karena itu, calon pelancong perlu menyusun strategi untuk mencari dan memesan tiket pesawat serta hotel yang murah.

Sebaiknya, pilihlah destinasi yang tepat, memesan di waktu terbaik, mengunjungi tempat wisata gratis hingga menggunakan promosi dari online travel agent.

Berbicara destinasi yang tepat, berdasarkan data internal Pegipegi pada pencarian tiket pesawat, sejumlah destinasi tercatat mengalami peningkatan dari segi jumlah pencarian sebagai indikator adanya peningkatan permintaan saat liburan sekolah. Destinasi itu yakni Padang (27 persen), Denpasar (30 persen), Medan (40 persen), Makassar (47 persen) dan Surabaya (50 persen).

4. Buat jadwal yang fleksibel

Setelah membahas strategi, selanjutnya calon pelancong bisa mulai mempersiapkan rencana perjalanan. Ingatlah, jadwal yang terlalu padat bisa membuat perjalanan terasa lebih melelahkan.

Jadi, sebaiknya buatlah jadwal yang fleksibel sehingga keluarga dapat menikmati waktu bersama dengan santai dan tidak terburu-buru. (*)

reporter: antara

Update