Selasa, 28 Mei 2024

Liburan ke Labuan Bajo, Rumah dari Hewan Purba Komodo

Berita Terkait

sala satu tempat wisata di labuhan bajo. f. net

batampos-Indonesia memiliki banyak lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam. Salah satunya adalah Labuan Bajo. Terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT), Labuan Bajo merupakan tempat yang indah dan sangat pantas untuk dijadikan destinasi wisata di saat Anda sedang menikmati liburan.

Untuk bisa pergi ke Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandar Udara Komodo. Salah satu maskapai yang melayani penerbangan ke Labuan Baju adalah Air Asia. Sehingga Anda bisa membeli tiket Air Asia untuk ke Labuan Bajo. Karena, Air Asia baru saja membuka rute yang menghubungkan Jakarta menuju Labuan Baju. Penjualan tiket ini dibuka mulai dari tanggal 3 Mei 2023.

Selama Anda berada di Labuan Bajo, berikut ini 5 destinasi wisata yang bisa Anda sambangi saat Anda sedang berlibur.

5 Tempat Wisata di Labuan Bajo
1. Pulau Komodo
Nusa Tenggara Timur menawarkan banyak spot menarik untuk wisatawan yang sedang berlibur. Mulai dari pantai yang indah hingga pulau yang spesial, yaitu Pulau Komodo. Seperti yang diketahui, NTT merupakan rumah dari hewan purba Komodo. Untuk melihat Komodo secara langsung, Anda bisa datang ke Taman Nasional Komodo yang terletak di Pulau Komodo.

Sesampainya Anda di Pulau Komodo, Anda akan disambut dengan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Setelah puas mengagumi keindahan pantainya, Anda bisa lanjut untuk masuk ke dalam taman nasional dan melihat dari dekat kadal raksasa ini. Anda dapat mempelajari bagaimana Komodo berburu makanan hingga ertahan hidup. Tidak hanya Komodo, di tempat ini Anda juga dapat melihat berbagai flora yang indah dan menambah kecantikan pulau ini.

2. Pink Beach
Pink Beach atau pantai pink (disebut juga dengan Pantai Merah) merupakan destinasi wisata yang wajib Anda sambangi saat berkunjung ke Labuan Bajo. Anda mungkin sering mendengar atau bahkan mengunjungi pantai pasir putih. Nah, di Labuan Bajo, Anda bisa mengunjungi pantai dengan warna pasir merah mudah.

Ya, Pink Beach merupakan pantai yang memiliki nama asli Pantai Tangsi. Lantas, mengapa dapat muncul warna pink? Warna pink ini muncul karena campuran serpihan terumbu karang yang tergerus karena air laut dengan pasir pantai yang berwarna putih. Maka dari itu, pasir di pantai ini berubah warna menjadi merah muda. Saat di Pink Beach, Anda tidak hanya bisa mengagumi keindahan tempat ini, namun Anda juga bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling. Anda bisa melihat keindahan bawah laut Pink Beach. Tidak hanya dapat bertemu dengan beragam jenis ikan, namun Anda juga bisa melihat koral yang masih terawat dan memiliki warna yang cantik.

Pasir berwarna pink ini tentu cukup unik, dan mungkin Anda terpikir untuk membawanya pulang bersama Anda. Namun ingat, Anda dilarang untuk membawa pulang pasir hingga karang, karena hal tersebut tertulis dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 mengenai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Jika Anda tetap bersikeras, Anda akan dikenakan denda maksimal Rp 200 juta dan penjara maksimal 10 tahun.

3. Pulau Padar
Pulau Padar merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selama Anda berada di Labuan Bajo. Untuk menikmati pemandangan dari pulau ini, Anda perlu naik ke puncaknya dengan melewati ratusan anak tangga. Anda dapat melihat kombinasi cantik antara laut biru, padang savana dan juga latar belakang pulau yang indah
Pulau Padar sendiri merupakan satu dari tiga pulau besar yang berada di area Taman Nasional Komodo.

Walau begitu, Anda tidak akan menemukan Komodo di pulau ini. Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Padar dari Pulau Komodo, Anda dapat menyewa kapal kayu atau speedboat. Tempat ini sangat cocok untuk Anda menikmati suasana dan pemandangan alam yang sangat indah.

4. Manta Point
Apakah Anda ingin melihat ikan manta ray atau ikan pari secara dekat? Sekarang, Anda bisa mengikuti kegiatan Manta Point. Manta Point merupakan destinasi wisata yang terletak di Pulau Komodo.

Selain melihat ikan ini dari jauh, Anda juga bisa menyentuh ikan manta ray dengan mengambil paket tertentu. Tenang, Anda akan didampingi oleh tour gide dan juga perlengkapan keamanan untuk menyentuh ikan eksotis ini. Selain berinteraksi dengan manta ray, Anda juga bisa menikmati keindahan bawa laut dengan melihat terumbu karang yang terawat serta berbagai jenis ikan dengan warna yang beragam.

5. Pulau Rinca
Berdekatan dengan Pulau Komodo, Anda juga bisa datang ke Pulau Rinca. Di sini, Anda juga bisa bertemu dengan Komodo. Selain Komodo, Pulau Rinca juga menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya, mulai dari treking hingga menikmati keindahan Labuan Bajo dari Pulau Rinca.

Demikian 5 tempat yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Labuan Bajo. Selain bertemu dengan hewan purba Komodo, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai hingga menyelam dan melihat keajaiban bawah laut Labuan Bajo. Agar liburan semakin mudah, Anda bisa menggunakan Traveloka untuk booking hotel hingga beli tiket Air Asia dan maskapai lainnya dengan harga terjangkau. Download Aplikasi Traveloka sekarang! (*)

Update